Mudahkan Disabilitas, Toyota Hadirkan Personal BEV di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Mudahkan Disabilitas, Toyota Hadirkan Personal BEV di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Ekonomi | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - Toyota sebagai Worldwide Olympic Partner, mendukung mobilitas para atlet, staf, relawan, media, dan penonton di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Upaya ini diwujudkan melalui 3.347 unit sustainable mobility vehicles yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV).

Kehadiran kendaraan elektrifikasi (xEV) yang disediakan tersebut memiliki dua tujuan, yakni secara personal untuk dipakai seorang diri, serta secara publik untuk digunakan bersama pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Diketahui, Personal BEV memiliki range lebih terbatas ketimbang xEV, sehingga diperuntukkan bagi penggunaan di sekitar perkampungan atlet dan venue lomba. Tak hanya itu, Toyota juga menghadirkan Last-Mile Micro Mobility Solution yang merupakan perangkat kompak dan mudah digunakan.

Perangkat ini dapat membantu orang-orang dengan kebutuhan mobilitas yang tinggi dan praktis. Untuk mendukung jalannya aktivitas di segala lini selama Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Toyota juga menghadirkan inovasi mobilitas yang diciptakan oleh start-up.

1. Toyota C+walk S dan C+walk T

Toyota C+walk S. (Foto: dok Toyota)
Toyota C+walk S. (Foto: dok Toyota)

C+walk T merupakan BEV dengan roda tiga yang mudah dioperasikan dengan kecepatan maksimum 6 km/jam saja. Perangkat ini diperuntukkan bagi mobilitas personal atau pribadi di area yang terbatas pula.

Namun begitu, C+walk T dilengkapi dengan tatakan kaki yang datar dan rendah yaitu dengan tinggi hanya 150 mm. Fitur ini tentunya untuk mendukung kemudahan naik-turun bagi penggunanya.

Sementar itu, C+walk S hampir serupa bentuknya dengan C+walk T, serta bergerak dengan kecepatan yang sama pula, yaitu sesuai kebutuhan di area pejalan kaki. Namun, keduanya memiliki perbedaan tersendiri, di mana C+walk S memiliki sau buah kursi, sehingga perangkat ini lebih nyaman bagi para lansia (lanjut usia).

Fitur Front Obstacle Detection System pada C+walk S dan T dapat membantu menghindari tabrakan dengan halangan atau pejalan kaki di depan, serta memberikan keselamatan bagi pengemudi dan orang di sekitarnya. Selain zero emission, kedua perangkat ini memiliki jarak tempuh maksimal 12 km dan pengisian baterai selama 2,5 jam.

2. Genny

Genny Zero merupakan transporter pribadi yang berbentuk kursi roda futuristik. Alat ini dirancang untuk memanfaatkan teknologi self-balancing. Genny menjadi salah satu solusi mobilitas inklusif yang memberdayakan masyarakat dengan mobilitas terbatas, agar dapat bergerak bebas.

3. Klaxon Twist

Klaxon Twist adalah sistem penggerak tambahan untuk kursi roda yang dilengkapi roda kecil, motor listrik, dan baterai. Perangkat ini dapat disesuaikan dengan model kursi roda yang berbeda dan dikonfigurasi dalam berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan mobilitas spesifik pengguna.

4. Toyota JUU

Perangkat selanjutnya yang turut hadir bersama Toyota di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 adalah Toyota JUU. Ini merupakan prototipe kursi roda elektrik yang mampu menaiki tangga setinggi 16 cm secara mandiri.

Sistem perangkat ini memudahkan pengguna kursi roda untuk bermobilitas tanpa bantuan, sehingga meereka dapat menjelajahi tempat-tempat yang tidak dapat diakses dan membuka kemungkinan baru untuk mobilitas mandiri.

5. Yosh-E

Yosh-E juga turut hadir di Paris 2024 untuk memberikan lebih banyak kebebasan bergerak bagi pengguna kursi roda. Perangkat portabel ini dipasang di depan kursi roda untuk kemudian ditarik dengan memanfaatkan tenaga listrik.

Alat ini memungkinkan penggunanya agar tidak perlu mengeluarkan tenaga dan menambah jangkauan mobilitas. Yosh-E hadir hingga 200 unit di Paris 2024, e-Puller ini memiliki kecepatan maksimal 8 km/jam dengan range rata-rata 25 km.

6. Whill

Toyota Whill. (Foto: dok Toyota)
Toyota Whill. (Foto: dok Toyota)

Perangkat mobilitas yang satu ini menawarkan sistem mengemudi otonom di area bandara, rumah sakit, dan infrastruktur lainnya bagi orang yang biasa memakai kursi roda. Whill juga dikenal memberi kebebasan, kepercayaan diri, dan kemandirian yang lebih besar kepada disabilitas atau lansia lewat fitur-fitur dan keunggulannya.

7. Eppur

Banyaknya tangan pengguna kursi roda yang cidera saat mengurangi kecepatan, membuat alat ini kemudian terlahir. Eppur merupakan sistem pengereman pertama untuk kursi roda yang kompatibel dengan berbagai macam model dan sistem motorisasi.

8. Ottobock Prosthetic Simulator

Selama lebih dari 100 tahun, Ottobock telah mengembangkan solusi dan layanan teknis inovatif bidang prosthetics, orthotics, neuro-mobility, dan perawatan pasien untuk orang dengan mobilitas terbatas. Ottobock adalah mitra terlama Paralimpiade yang mendukung persaingan sehat antar-atlet.

9. Toyota Mobile Toilet

Seperti namanya, toilet bergerak ini dirancang agar mudah dibawa kemana saja. Inovasi tersebut memungkinkan pengguna kursi roda dapat memanfaatkannya tanpa kendala. Setelah gempa bumi Jepang awal tahun ini, Toyota Mobile Toilet menjadi solusi di kondisi darurat di Negeri Sakura.

Itulah sederet inovasi perangkat mobilitas yang didukung oleh Toyota. Melalui kehadiran kendaraan eletrifikasi dan juga perangkat mobilitas tersebut, diharapkan dapat membantu orang-orang dengan kebutuhan mobilitas yang tinggi dan praktis pada gelaran Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Topik Menarik