Fokus Penyehatan Keuangan, Wijaya Karya Selektif Pilih Proyek Baru

Fokus Penyehatan Keuangan, Wijaya Karya Selektif Pilih Proyek Baru

Ekonomi | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 11:05
share

JAKARTA, iNews.id - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) masih berfokus pada penyehatan kondisi keuangan perusahaan. Untuk mencapai target tersebut, Perseroan kini lebih selektif sebelum mengakuisisi proyek baru.

Sekretaris Perusahaan WIKA, Mahendra Vijaya menuturkan, saat ini pihaknya lebih mengutamakan proyek dengan skema pembayaran yang dilakukan per bulan atau monthly progress payment. Hal ini bertujuan agar tidak ada modal kerja yang tertahan.

“Saat ini WIKA dalam melakukan akuisisi proyek mendorong manajemen risiko yang lebih prudent,” ujar Mahendra dalam Media Discussion di Jakarta dikutip, Kamis (22/8/2024).

Dia menambahkan, WIKA saat ini tidak terlalu agresif mencari proyek. Dalam hal ini perseroan mempertimbangkan sejumlah hal antara lain, kesiapan finansial dari pemberi kerja, kelayakan metode kerja dan kondisi pelaksanaan pengerjaan proyek nantinya.

“Itu semua kami evaluasi untuk menghindari proyek-proyek yang cenderung membahayakan perseroan,” katanya.

WIKA mencatatkan kontrak baru sebesar Rp10,17 triliun sepanjang semester I 2024. Kontribusi terbesar atas perolehan kontrak baru berasal dari segmen industri, diikuti oleh infrastruktur, EPC, gedung serta properti. 

Sementara, berdasarkan komposisi pemberi kerja, sebagian besar berasal dari sektor BUMN dan pemerintah dengan skema pembayaran monthly progress payment.

Terbaru, WIKA telah merampungkan paket proyek pembangunan New Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) di Kota Cimahi, Jawa Barat, senilai Rp1,04 triliun. Sejumlah paket tersebut mencakup Gedung Auditorium, Fakultas Kedokteran, dan Kedokteran Gigi.

Dalam pembangunan tersebut, WIKA dipercaya oleh Yayasan Kartika Eka Paksi sebagai kontraktor pelaksana pada seluruh pekerjaan tahap 2A dan 2B yang mencakup gedung Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Substation 2 dan 5, Infrastruktur tahap 2A dan Gedung Auditorium yang terdapat dalam tahap 2B. 

Topik Menarik