ESDM Ungkap 13 PLTU bakal Disuntik Mati, Suralaya-Ombilin Masuk Daftar

ESDM Ungkap 13 PLTU bakal Disuntik Mati, Suralaya-Ombilin Masuk Daftar

Ekonomi | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 06:30
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan terdapat 13 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara yang berpotensi untuk disuntik mati sebelum 2030. 13 PLTU tersebut memiliki kapasitas sebesar 4,8 gigawatt (GW) dan 66 juta ton CO2. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiani Dewi menyampaikan, hal ini berdasarkan identifikasi setelah dilakukan kajian oleh Kementerian ESDM, ITB dan United Nations Office for Project Services (UNOPS). 

"Nah ini 3 ini kita identifikasi bareng semua. Nah kita rangkum bahwa kita punya 13 list dari PLTU di luar Cirebon," kata Eniya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/8/2024). 

Eniya menambahkan, pemerintah memang merencanakan pensiun dini PLTU Cirebon. Namun hal itu akan dibahas setelah tahun 2030. 

"Nah kalau yang sekarang dibahas itu yang kayak Suralaya, Paiton. Itu termasuk di dalam 13 list itu. Kayak Ombilin di Sumatera," ucapnya.

Menurutnya, PLTU Ombillin bisa menjadi yang paling cepat untuk dipensiunkan pengoperasiannya. 

"Karena disitu tidak ada gangguan masalah sosial. Penduduknya sudah enggak pakai, terus enggak ada pekerjanya gitu lah, yang isunya sudah lebih mudah gitu. Dan dari situ 13 list itu kalau kita jumlahkan. Emisinya itu tinggi, kalau nggak salah 48 juta atau berapa, jutanya saya lupa. Tapi big size gitu. Karena sudah jelek-jelek banget kan yang Suralaya dan sebagainya itu," ujarnya.

Topik Menarik