Reshuffle Kabinet Hari Ini, Acara Sertijab Menteri ESDM Sudah Disiapkan

Reshuffle Kabinet Hari Ini, Acara Sertijab Menteri ESDM Sudah Disiapkan

Ekonomi | inews | Senin, 19 Agustus 2024 - 06:17
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan menggelar reshuffle Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini, Senin (19/8/2024). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif disebut menjadi salah satu yang terkena perombakan tersebut. 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia digadang-gadang menjadi sosok yang akan menggantikan posisi Arifin. 

Berdasarkan informasi yang diterima iNews.id, Kementerian ESDM telah menyiapkan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Arifin Tasrif kepada penggantinya pada hari ini. 

Namun, hingga berita ini ditulis, belum jelas pukul berapa kegiatan itu akan dilaksanakan. Satu hal yang pasti, yaitu agenda Sertijab ini akan digelar setelah acara pelantikan di Istana Negara. 

Sebelumnya, Arifin mengaku belum mengetahui perihal isu perombakan atau reshuffle kabinet yang belakangan kembali mencuat lagi. 

"Aing mana tau, ya tunggu aja," kata Arifin ketika ditemui di kegiatan Supply Chain&National Capacity Summit 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu (14/8/2024).

Sebelum dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri ESDM pada Oktober 2019 lalu, Arifin menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Dia juga pernah menjabat Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015.

Pria kelahiran Jakarta 19 Juni 1953 ini menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972. Pada 2011, ia menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional Asia Tenggara.

Topik Menarik