Daftar Miliarder Termuda di Dunia, Nomor 1 Pewaris Red Bull Berharta Rp621 Triliun

Daftar Miliarder Termuda di Dunia, Nomor 1 Pewaris Red Bull Berharta Rp621 Triliun

Ekonomi | inews | Senin, 19 Agustus 2024 - 05:20
share

JAKARTA, iNews.id - Miliarder tidak hanya berasal dari kalangan tua, tetapi ada juga orang-orang yang berusia sangat muda mendapatkan status orang kaya berkat warisan atau usaha mandiri. Namun, untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, tidak ada miliarder yang merintis usahanya sendiri di bawah usia 30 tahun dalam daftar Miliarder Termuda Dunia 2024 versi Forbes .

Mengutip SCMP , hal ini menunjukkan bahwa transfer kekayaan besar ke generasi berikutnya telah dimulai.

Sementara, miliarder termuda di dunia adalah Livia Voigt yang berusia 19 tahun, yang masih kuliah. Remaja asal Brasil ini memiliki kekayaan sekitar 1,1 miliar dolar AS sebagai hasil dari saham minoritasnya di perusahaan peralatan listrik WEG, yang didirikan bersama oleh mendiang kakeknya.

Di Hong Kong, miliarder termuda bernama Jonathan Kwok yang baru berusia 32 tahun. Dia merupakan pewaris saham di Sun Hung Kai Properties dan Empire Group Holdings setelah ayahnya, Walter Kwok meninggal pada 2018. Jonathan sekarang menjalankan Empire Group Holdings bersama saudaranya, Geoffrey yang berusia 38 tahun.

Berikut daftar miliarder muda terkaya di dunia versi Forbes :

1. Mark Mateschitz (31 tahun)

Pewaris Red Bull, Mark Mateschitz mulai menempati urutan pertama daftar miliarder muda terkaya pada tahun 2022 ketika dia mewarisi 49 persen saham setelah kematian ayahnya sekaligus pendiri perusahaan, Dietrich Mateschitz.

Red Bull dilaporkan menghasilkan pendapatan sebesar 11,6 miliar dolar AS dengan penjualan 12,1 miliar kaleng di seluruh dunia pada tahun lalu saja, menurut situs webnya. Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar 39,6 miliar dolar AS atau setara Rp621,62 triliun.

2. John Collison (33 tahun)

Pengusaha Irlandia ini merupakan salah satu pendiri dan Presiden Stripe, perusahaan yang memungkinkan pelaku usaha dan perorangan menerima pembayaran daring. Perusahaan tersebut didirikan Collison bersama saudaranya Patrick pada tahun 2010.

Collison menjadi miliarder termuda di dunia yang merintis usahanya sendiri. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 7,2 miliar dolar AS atau setara Rp113 triliun.

3 dan 4. Firoz Mistry (27 tahun) dan Zahan Mistry (25 tahun)

Firoz dan Zahan Mistry bersaudara memiliki kekayaan bersih masing-masing 5,1 miliar dolar AS atau setara Rp80,05 triliun. Kekayaan keduanya paling besar berasal dari warisan saham mereka di konglomerat Tata dan perusahaan konstruksi Shapoorji Pallonji Group.

Keduanya mendadak masuk daftar orang terkaya pada tahun 2022 setelah ayah mereka meninggal secara tragis dalam sebuah kecelakaan mobil, hanya tiga bulan setelah kematian kakek mereka yang berusia 93 tahun, yang merupakan pemegang saham perorangan terbesar Tata pada saat itu.

Pengusaha muda Irlandia tersebut kini tinggal di Mumbai, di mana merupakan tempat kedua perusahaan tersebut berkantor pusat.

5 dan 6. Clemente Del Vecchio (19 tahun) dan Luca Del Vecchio (22 tahun)

Clemente dan Luca Del Vecchio merupakan putra mendiang Ketua EssilorLuxottica Leonardo Del Vecchio. Keduanya masing-masing mewarisi 12,5 persen saham di perusahaan induk milik ayah mereka yang berada di balik merek kacamata populer, Ray-Ban. Kekayaan masing-masing diperkirakan mencapai 4,9 miliar dolar AS atau setara Rp76,91 triliun.

Selain meraup miliaran dolar dari perusahaan kacamata terbesar di dunia, kedua bersaudara yang bermarkas di Milan ini juga memiliki saham di perusahaan asuransi Generali, pengembang properti Covivio, serta bank Mediobanca dan UniCredit di Italia.

7. Michal Strnad (31 tahun)

Michal Strnad merupakan pemilik sekaligus CEO Czechoslovak Group, yang lebih dikenal sebagai CSG, yang diwarisi dari ayahnya pada tahun 2018. Kekayaan bersinya diperkirakan mencapai 4,5 miliar dolar AS atau setara Rp70,63 triliun.

Perusahaan tersebut merupakan salah satu produsen amunisi terbesar di Uni Eropa, yang berfokus dalam senjata, truk dan kendaraan militer, serta radar. Perusahaan pembuat jam tangan, Ceko PRIM juga berada di bawah naungan grup tersebut.

8. Gustav Magnar Witze (30 tahun)

Ketika Gustav Magnar Witze baru berusia 19 tahun, ayahnya memberi hampir setengah kepemilikan dari perusahaan budi daya ikan milik keluarga, SalMar. Perusahaan tersebut merupakan pembudidaya salmon terbesar kedua di dunia yang mengekspor ke lebih dari 50 negara.

Saat ini, Gustav bekerja pada perusahaan rintisan teknologi dan investasi properti, sementara ayahnya terus mengawasi SalMar. Selain itu, Gustav juga kerap tampil di karpet merah acara-acara papan atas seperti Met Gala, dan dia juga menggunakan ketampanannya untuk bekerja sebagai model untuk berbagai merek dan majalah. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 4,2 miliar dolar AS atau setara Rp65,93 triliun.

Topik Menarik