Menteri KKP Peringati HUT ke-79 RI, Dorong Pemerataan Ekonomi Perikanan

Menteri KKP Peringati HUT ke-79 RI, Dorong Pemerataan Ekonomi Perikanan

Ekonomi | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:01
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono merayakan HUT ke-79 RI Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (17/8/2024). Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan keinginannya untuk meratakan pertumbuhan ekonomi perikanan.

Menurutnya, manfaat dari program pembangunan kelautan dan perikanan harus bisa dirasakan oleh masyarakat secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami ingin memastikan bahwa kita semua dalam semangat yang sama bahwa program pembangunan kelautan dan perikanan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat di daerah terluar di seluruh Indonesia, kata dia.

Trenggono mengungkap bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan terus menggencarkan program ekonomi biru sebagai upaya untuk mendorong pembangunan di sektor kelautan dan perikanan secara merata.

Program ini disebutnya berjalan dengan tetap menempatkan keberlanjutan dan kesehatan ekologi sebagai arah utama kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

Adapun program ekonomi biru tersebut mencakup perluasan kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, serta mengembangkan ikan laut dan tawar yang berkelanjutan.

Selain itu, juga pengelolaan dan pengawasan pesisir dan pulau-pulau kecil, juga penanganan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan atau Bulan Cinta Laut (BCL).

Topik Menarik