Jokowi Ungkap Program Makan Bergizi Gratis Dilakukan Bertahap 

Jokowi Ungkap Program Makan Bergizi Gratis Dilakukan Bertahap 

Ekonomi | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 16:19
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan strategi kebijakan jangka pendek bakal difokuskan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, menguatkan kesejahteraan dan pemerataan antar-daerah.

Adapun, salah satunya terkait program Makan Bergizi Gratis yang diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah. 

"Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel," ucap Jokowi saat membacakan Pidato Presiden RI tentang RUU APBN Tahun Anggaran 2025 Beserta Nota Keuangannya yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

Makan Bergizi Gratis merupakan program unggulan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, Gibran juga telah mengatakan bahwa makan bergizi gratis untuk pelajar bisa berbeda di setiap daerah, tapi tetap memperhatikan kandungan gizinya dan harganya dipastikan Rp15.000 untuk setiap siswa.

Hal ini disampaikan Gibran kepada wartawan saat meninjau uji coba makan bergizi gratis bagi siswa di SDN 4 Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024) lalu.

"Ya di tiap daerah beda-beda ya menunya ya, mungkin tidak semuanya nasi. Tidak harus setiap hari nasi, mungkin ada mi, ada jagung, enggak apa-apa, nggak masalah, asalkan sekali lagi, kebutuhan nutrisi, gizi, setiap hari terpenuhi," kata Gibran.

Selain makanan, siswa juga mendapatkan susu sebagai penambah nutrisi saat uji coba makan bergizi di SDN 4 Tangerang.

Menurut Gibran, susu yang diberikan semuanya susu putih tawar sesuai saran dari ahli gizi.

"Sekali lagi ini sesuai masukan dari orang tua murid, komite, sekolah, dari ahli gizi, jadi hari ini putih semua," tuturnya.

Topik Menarik