Menteri PANRB Sebut Hunian ASN di IKN Belum Rampung, Bagaimana Rencana Pindah Bulan Depan?

Menteri PANRB Sebut Hunian ASN di IKN Belum Rampung, Bagaimana Rencana Pindah Bulan Depan?

Ekonomi | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 13:33
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut belum semua rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, rampung dikerjakan.

Saat ini, proses penyempurnaan konstruksi tengah dilakukan. Meski begitu, Kementerian PANRB tetap menyiapkan formula terkait eselon di kementerian apa saja yang pindah ke ibu kota baru.

Ini ada beberapa apartemen ASN yang sekarang sedang disempurnakan dan ini belum sepenuhnya selesai, ujar Anas saat ditemui di sela-sela Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Anas menambahkan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan agar ASN tidak harus dipaksakan segera pindah dari Jakarta ke IKN dalam waktu dekat jika konstruksi hunian belum selesai dikerjakan. Adapun, target awal perpindahan ASN bisa dimulai pada September 2024.

Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan arahan tidak dipaksakan di bulan September kalau belum tuntas, tuturnya.

Anas memastikan, Kementerian PANRB sudah melakukan beberapa persiapan bila aparatur sipil negara harus dimigrasikan ke IKN pada September atau Oktober tahun ini.

Tapi Kementerian PANRB sudah menyiapkan kalau ini pindah di September, Oktober, eselon I mana saja dan eselon II mana saja di setiap kementerian kami sudah siapkan, ucapnya.

Dan Kementerian PANRB telah koordinasi dengan seluruh sekjen di K/L sehingga kita tinggal nunggu kesiapan nanti di apartemen ASN. Memang kami lihat apartemen di IKN, saya lihat apartemen cukup bagus tapi belum seluruh tower selesai, katanya.

Topik Menarik