Ratusan Mahasiswa Ikuti Pekan QRIS Nasional dan Road to Fesyar KPwBI Tegal

Ratusan Mahasiswa Ikuti Pekan QRIS Nasional dan Road to Fesyar KPwBI Tegal

Ekonomi | tegal.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 20:40
share

KOTA TEGAL , iNews . id - Ratusan Mahasiswa dari Universitas Pancasakti, Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal, Politeknik Harapan Bersama, Universitas Muhamadiyah Tegal mengikuti Pekan QRIS Nasional dan Road to Fesyar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal, Kamis (15/8/2024).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Teguh Riyono menyampaikan acara hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) dan Road to Fesyar Syafaat (Syariah Ekonomi Festival Tegal).

Dijelaskan Pekan QRIS Nasional (PQN) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang berlangsung dari 12 hingga 18 Agustus 2024 mendatang.

PQN bertujuan untuk memberikan edukasi ke berbagai lapisan masyarakat mengenai manfaat dan cara menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, aman dan handal. "Selain itu, PQN bertujuan untuk memperluas jangkauan penggunaan QRIS, terutama di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah," kata Teguh.

Road to Fesyar Syafaat (Syariah Ekonomi Festival Tegal) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bertujuan untuk melaksanakan edukasi dan sosialisasi sebagai bagian dari strategi utama dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. "Hal ini sejalan dengan arahan Presiden pada Kongres Ekonomi Umat Ke 2 Majelis Ulama Indonesia (MUI), 10 Desember 2021. Negara Indonesia berkomitmen untuk menjadi pusat ekonomi syariah di Tahun 2024," terangnya.

Upaya yang telah dilaksanakan KPwBI Tegal untuk pengembangan ekonomi syariah telah melakukan edukasi dan menjadi narasumber, sinergi dengan Kemenkop/Pemkab untuk memperluas eksyar secara massif. "Kami terbuka apabila pihak kampus/Universitas mengundang kami sebagai narasumber (free biaya narasumber) terkait tugas pokok Bank Indonesia," ungkap Teguh.

Kepada mahasiswa Teguh menyampaikan bahwa KPwBI Tegal memperoleh apresiasi sebagai inisiator dan pendukung Fasilitasi Halal Zona Kuliner, Halal, Aman, dan Sehat (ZONA KHAS) pada tanggal 22 Mei 2024 dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) atas capaian terbentuknya 3 (tiga) Zona KHAS Kabupaten Tegal.

Untuk memperluas eksyar, KPwBI Tegal juga menyelenggarakan lomba Dakwah eksyar dan konten eksyar yang minat mengikuti lomba, paling lambat submit hari ini tanggal 15 Agustus 2024, pukul 23.59 WIB.

Bank Indonesia berkomitmen untuk mencapai stabilitas nilai Rupiah, memelihara stabilitas sistem pembayaran, serta turut menjaga stabilitas sistem keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sebagaimana tercantum dalam pada pasal 7 UU Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Noomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

"Kami mengajak mahasiswa untuk belajar memperdalam tugas pokok Bank Indonesia dengan narasumber dari pegawai KPwBI Tegal dengan materi edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah; QRIS dan Perlindungan konsumen, materi ekonomi dan keuangan syariah," tutup Teguh.

Topik Menarik