13.752 Wisatawan Mancanegara Gunakan Kereta Api dari Stasiun di Wilayah Daop 5 Purwokerto

13.752 Wisatawan Mancanegara Gunakan Kereta Api dari Stasiun di Wilayah Daop 5 Purwokerto

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:10
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang menggunakan kereta api dari 17 stasiun di Wilayah KAI Daop 5 Purwokerto. Sepanjang periode 1 Januari - 15 Agustus 2024, KAI Daop 5 Purwokerto mencatat sebanyak 13.752 wisman (warga negara asing/WNA) naik KA dari stasiun-stasiun di Daop 5 Purwokerto.

"Angka ini menunjukkan kenaikan 20,8 persen atau 2.375 pelanggan wisman jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023 dimana tercatat sebanyak 11.376 pelanggan wisman berangkat dari 17 stasiun di Daop 5 Purwokerto," kata Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Feni menambahkan, adapun TOP 3 Stasiun Daop 5 Purwokerto dengan Jumlah Pelanggan Wisman Terbanyak yang menggunakan KA pada periode 1 Januari - 15 Agustus 2024 adalah Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, dan Stasiun Sidareja.

Di posisi pertama terbanyak yakni Stasiun Purwokerto yang melayani sebanyak 5.596 pelanggan wisman. Disusul di posisi kedua Stasiun Kroya yang melayani sebanyak 2.367 pelanggan wisman, dan pada posisi ketiga Stasiun Sidareja yang melayani sebanyak 2.028 pelanggan wisman.

Bulan Juli 2024 menjadi waktu kunjungan dengan volume tertinggi para wisman yang berdasarkan data Daop 5 Purwokerto tercatat sebanyak 2.466 pelanggan wisman," imbuh Feni.

Feni menjelaskan hal ini karena pada periode Juli lalu beberapa event internasional dihelat di berbagai daerah, salah satunya Hard Enduro Tournament di Kabupaten Cilacap yang diikuti para riders international. Selain itu, berbagai objek wisata alam seperti pantai-pantai di wilayah Kabupaten Pangandaran yang dapat diakses dari Stasiun Sidareja pun masih menjadi tujuan para wisman.

Ada juga Dataran Tinggi Dieng yang menjadi primadona karena menggabungkan keindahan alam dan keunikan budaya lokal, serta masih banyak event-event menarik lainnya yang dihelat oleh pemerintah daerah setempat.

Trend positif pelanggan mancanegara yang menggunakan moda transportasi KA ini tentu menjadi motivasi bagi KAI untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan pada aspek transportasi sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna dan kesan yang positif untuk turut mendukung promosi berbagai keindahan wisata Indonesia di kancah internasional.

Topik Menarik