IPC TPK Sambut MV Meratus Kaimana untuk Layanan Direct Surabaya Tujuan Tiongkok

IPC TPK Sambut MV Meratus Kaimana untuk Layanan Direct Surabaya Tujuan Tiongkok

Ekonomi | tangsel.inews.id | Senin, 12 Agustus 2024 - 20:20
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) menyambut kedatangan kapal MV Meratus Kaimana tepat pukul 01:00 WIB, di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/8).

Kapal milik Meratus Line ini dikirim dari Tiongkok dan akan melayani rute internasional, termasuk rute Surabaya-Jakarta-Nansha-Ningbo. Layanan direct service ini menjadi alternatif bagi pelaku usaha yang ingin mengirimkan barang ke Tiongkok dengan biaya ekonomis tanpa transit di negara lain.

Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK, menyatakan bahwa pihaknya akan memastikan kesiapan peralatan dan perencanaan bongkar muat untuk memberikan pelayanan efisien, yang akan mengurangi waktu sandar kapal dan mengoptimalkan energi serta mengurangi emisi.

"MV Meratus Kaimana, dengan panjang 24,4 meter dan draft 6,4 meter serta kapasitas lebih dari 693 TEUs, adalah kapal ketiga yang dioperasikan Meratus Line untuk memperkuat layanan logistik di Indonesia," kata Guna Mulyana.

"Kapal ini direncanakan akan melakukan bongkar muat sebanyak 375 petikemas sebelum melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya pada hari yang sama," tambahnya.

Lebih jauh dikatakan, kolaborasi antara IPC TPK dan Meratus Line telah terjalin erat selama beberapa tahun, dengan IPC TPK menangani beberapa maiden voyage Meratus Line, termasuk rute PING (Panjang-Jakarta-Singapura), China Indo Express (Jakarta-Semarang-Surabaya-Qingdao-Shanghai), Java Malaysia Express Service (Jakarta-Port Klang), dan Papua New Guinea Service (Jakarta-Surabaya-Dili-Motukea-Lae).

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Tiongkok tetap menjadi tujuan ekspor terbesar dari Indonesia, baik untuk komoditas migas maupun nonmigas. Pada Juni 2024, nilai ekspor nonmigas ke Tiongkok mencapai US$ 4,65 miliar, sementara impor nonmigas dari Tiongkok sebesar US$ 5,34 miliar.

"Hal ini menunjukkan peluang besar untuk layanan pelayaran baru dari dan ke Tiongkok," ujar Guna.

Menurutnya, layanan ini merupakan rute baru ketiga yang diluncurkan IPC TPK pada tahun 2024. IPC TPK menargetkan arus petikemas sebanyak 3,2 juta TEUs tahun ini.

"Selain itu, kita juga optimis mencapai target tersebut melalui transformasi operasi dan kolaborasi dengan berbagai pelayaran dalam menghadirkan solusi layanan direct service," jelas Guna Mulyana.

Keith Choo, Chief Trade International Officer Meratus Line, menegaskan bahwa Meratus Line berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap layanan logistik di Indonesia dan merespons kebutuhan pemerintah dengan menyediakan layanan langsung dari pelabuhan Indonesia ke luar negeri.

"Layanan ini hadir untuk memenuhi permintaan peningkatan pengiriman dan menjawab tantangan ketat dalam pengiriman internasional," ungkapnya.

Acara seremoni penyambutan kapal MV Meratus Kaimana dihadiri oleh Direktur Utama IPC TPK Guna Mulyana, CEO Meratus Line Farid Belbouab, CTO International Meratus Line Keith Choo, CTO Meratus Budi MR, Direktur Terminal Nusantara (OJA) Ravi, serta manajemen IPC TPK dan Meratus Line.

Topik Menarik