Jalan Tol Beroperasi Fungsional, Waktu Tempuh Balikpapan-IKN 1,5 Jam

Jalan Tol Beroperasi Fungsional, Waktu Tempuh Balikpapan-IKN 1,5 Jam

Ekonomi | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 21:23
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka secara fungsional Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN). Kehadiran jalan tol ini bakal memangkas waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari Kota Balikpapan menuju ibu kota baru.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan, pembukaan jalan tol fungsional ini untuk mendukung mobilitas dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI yang akan digelar di IKN pada 17 Agustus mendatang.

Setidaknya ada 3 seksi jalan tolyang akan dibuka secara fungsional dengan total panjang 27 kilometer (km), yakni dari Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Jika hendak menuju IKN dengan rute awal Bandara Sepinggan, Balikpapan, kendaraan bisa masuk Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke ruas fungsional di KM 11 Tol Balsam.

Kendaraan menempuh jarak sepanjang 13,4 km di Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, kemudian meneruskan di jalur fungsional Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km.

"Masuknya dari Karangjoang terus ke arah Kariangau, nanti masuk tol seksi 3A, 3B, dan 5A," ucap Danis saat dihubungi iNews.id , Minggu (7/7/2024).

Selanjutnya, kendaraan akan masuk ruas fungsional seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km, dan melanjutkan perjalanan melalui Jalan Nasional terlebih dahulu sepanjang 20 km sebelum masuk ke kawasan IKN.

"Perlu masuk jalan nasional dahulu baru masuk ke IKN, sekitar 20 km," tuturnya.

Menurutnya, dengan perjalanan melalui jalan tol fungsional ini mampu memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN yang sebelumnya diperlukan waktu sekitar 2 jam menjadi 1 sampai 1,5 jam saja.

"Kalau waktu tempuh kita estimasikan sekitar 1 sampai 1,5 jam (Balikpapan -IKN), tergantung kondisi lalin di Jalan Nasional," katanya.

Topik Menarik