Berkonsep Hospitality, Menara Danareksa Jadi Pilihan Tepat untuk Acara

Berkonsep Hospitality, Menara Danareksa Jadi Pilihan Tepat untuk Acara

Ekonomi | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 17:55
share

JAKARTA, iNews.id - Berkonsep one stop shop building dan hospitality, Menara Danareksa memiliki fasilitas lengkap dan mewah. Ada tiga layanan utama yang ditawarkan, di antaranya sewa ruang kantor, ruang pertemuan, dan ruang retail.

Untuk sewa ruang pertemuan, Menara Danareksa memiliki ballroom yang bisa menampung hingga 1.000 orang dengan fasilitas audio dan visual mumpuni, tentu dilengkapi pelayanan prima. Karenanya, ruang acara ini cocok untuk pernikahan, wisuda, konser privat, maupun social event. Terkait sewa ruang pertemuan, untuk tenant yang ingin menyelenggarakan acara terdapat penawaran special rate.

Saat ini, kita akan fokus ke ballroom, karena dilihat dari revenue-nya lumayan. Fokus utamanya wedding. Oleh sebab itu, kami memusatkan konsentrasi lebih dalam pelaksanaan wedding exhibition. Baik dari Wedding Exhibition yang sudah punya nama besar seperti Weddingku, Bridestory, kami juga mengadakan event tahunan Wedding Exhibition maupun event Open House setiap dua bulan sekali sendiri yang merangkul vendor rekanan yang kami kurasi secara khusus. Mengapa fokus di tahun ini lebih dipusatkan ke ballroom karena jika dilihat untuk okupansi office sudah lebih stabil. Saya masih punya sedikit area ritel tersisa yang masih available, kata General Manager Menara Danareksa Rika Rasyid kepada tim iNews Media Group, Kamis (16/5/2024).

Mengadakan acara pertemuan atau berkantor di gedung yang memiliki banyak spot instagramable ini akan menjadi keputusan tepat. Rika menuturkan, jika pihaknya akan terus meningkatkan ambience dan dekorasi untuk kenyamanan tamu maupun tenant berkantor di Menara Danareksa.

Jadi misalkan wedding, pengantin punya banyak sekali pilihan area yang bisa digunakan untuk berfoto baik di dalam gedung maupun area outdoor, baik pagi, siang, hingga malam kita pertimbang sekali ambience-nya, kalo malam di sini ada lampu-lampu menambah ambience. Jadi banyak feedback positif dari tamu dan tenant yang sedang makan atau sedang menikmati kopi di tenant f&b kami di area outdoor ini mereka bisa mengabadikan fotonya dengan cantik karena memang banyak spot instagramable, tuturnya.

Dia juga mengatakan, jika Menara Danareksa menyiapkan dekorasi khusus tematik, seperti natal atau lebaran sehingga dapat menjadi tambahan area baru untuk berfoto.

Pengunjung tidak hanya mendapatkan kesan elegan dan megah saja, namun juga tak kesulitan untuk pujasera dan parkiran. Sebab, gedung ini telah dilengkapi pujasera, restoran, serta kafe yakni Central Eatery at Menara Danareksa. Kemudian, lahan parkir yang terdiri dari delapan lantai untuk sekitar 400 mobil. Sedang disiapkan juga parkir khusus sepeda motor berkapasitas 180 motor. Adapun setengah dari jumlah kapasitas itu akan dialokasikan sebagai ladies parking dengan hiasan vertical garden yang apik.

Untuk tenant officer memiliki akses yang dipusatkan ke seluruh departemen Menara Danareksa. Mulai dari engineering, housekeeping, security, human resource (HR), hingga finance. Jadi, ketika penyewa membutuhkan bantuan, departemen terkait bisa merespons untuk menyelesaikannya dengan cepat.

Terkait maintenance gedung, menjadi perhatian serius untuk saya. Untuk petugas Housekeeping dan Security kami dibantu oleh outsourcing yaitu PT ISS setelah proses kurasi yang cukup panjang. Hal ini melalui pertimbangan yang cukup panjang, mengingat PT ISS saat ini memang merupakan yang terbaik dibanding usaha sejenis, dan tentunya secara harga juga lebih tinggi. Namun, kami mempertimbangkan kualitas menjadi yang terutama untuk memastikan seluruh area gedung dapat di-maintain dengan kualitas prima, ujarnya.

Soal strategi pemasaran dan pengembangan, Menara Danareksa memiliki strategi pemasaran yang aktif dan kreatif. Gedung ini memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan layanan dan fasilitasnya.

Dengan desain dan pembangunan sarat makna, layanan dan fasilitas yang lengkap dan berkualitas, serta strategi pemasaran yang inovatif, tak heran jika okupansi Menara Danareksa yang baru satu tahun beroperasi ini sudah mencapai 86 persen.

Kami menargetkan peningkatan okupansi di angka 91 persen pada kuartal ketiga 2024. Kami juga tetap berkonsentrasi penuh untuk meningkatkan fasilitas bagi tenant kami, misalnya dengan peresmian dua fasilitas area parkir motor dan EV (Electric Vehicle) Charging yang terletak di sayap selatan Menara Danareksa, ujarnya.

Desain Elegan dan Mewah

Menara Danareksa salah satu gedung perkantoran yang berada di kawasan premium Medan Merdeka Selatan dengan pesona eksterior yang megah. Lantaran, Menara Danareksa dibangun dengan filosofi yang sarat makna.

Misalnya saja, fasad gedung berwarna putih dengan aksen kaligrafi yang menggambarkan keindahan seni, kebersihan, nilai spiritual, dan akhlak yang menjadi core values Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat memasuki lobi Menara Danareksa, pengunjung akan dibuat kagum dengan desain interiornya. Furniture yang ditata apik berpadu dengan warna kecoklatan, krem, dan emas memberikan kesan natural dan berkelas.

Tak hanya menawarkan kemegah interior dan eksteriornya saja, sebagai gedung perkantoran kelas A, Menara Danareksa juga berkonsep one stop shops building dan hospitality terbaik. Tentu, dengan kemegahan, fasilitas, dan pelayanan terbaik membuat Menara Danareksa menjadi pilihan tepat untuk berkantor, aktivitas bisnis, meeting, kuliner, pameran, sampai menggelar resepsi pernikahan.

Hampir 80 persen tim Menara Danareksa merupakan orang-orang yang berpengalaman pada bidang hospitality. Jadi, melayani dengan penuh keramahan sudah mengakar pada diri kami, ujar Rika.

Central Eatery, salah satu area retail yang cukup diminati pengunjung dan tenant di Menara Danareksa. (Foto: dok Menara Danareksa)
Central Eatery, salah satu area retail yang cukup diminati pengunjung dan tenant di Menara Danareksa. (Foto: dok Menara Danareksa)

Perempuan yang sebelumnya bekerja di Ritz Carlton Mega Kuningan dan JW Marriott Jakarta ini menjelaskan Menara Danareksa sebagai one stop shop building membuat tenant tidak perlu beranjak ke tempat lain karena semua kebutuhannya tersedia. Mulai dari makan, medis, hingga gaya hidup, seperti pusat kebugaran.

Feedback dari tenant convenience store kami bahwa mereka mendapat cukup banyak kunjungan dari gedung perkantoran di sekitar Menara Danareksa, misalnya dari area Medan Merdeka, Kebon Sirih, dan lainnya. Begitu pula tenant Food and Beverage (F&B) kami yang melayani tamu-tamu termasuk pelaksanaan social event seperti arisan, buka puasa bersama dan lainnya, ujarnya.

Untuk gedung, Menara Danareksa yang diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada 26 Mei 2023 lalu mengusung konsep green building yang dilengkapi dengan floor-to-ceiling window dan teknologi tercanggih, serta telah mendapatkan sertifikasi Gold Green Building.

Sertifikasi ini diperoleh melalui pengurangan emisi CO2, dan peralatan emisi rendah, termasuk pendingin ruangan hemat energi. Konsep ini terlihat dari fasad gedung, di mana pada bagian cangkang luar terdapat cage yang berfungsi sebagai penahan sinar matahari agar tidak 100 persen matahari masuk ke dalam.

Konsep Hospitality

Konsep penggabungan antara hospitality dengan keamanan yang mumpuni tak lepas dari jerih payah pengalaman serta kepemimpinan dari Rika Rasyid, yang sudah terjun di bidang pelayanan serta hospitality selama 17 tahun. Meski masa jabatannya sebagai GM dalam kurun waktu dua tahun, Rika telah berhasil menghidupkan gedung milik BUMN ini bernilai tinggi.

Konsep hospitality yang ditawarkan Menara Danareksa akan mulai terasa sejak tamu memasuki area lobi. Para pengunjung disambut oleh Lobby Ambassador maupun tim security yang berjaga. Hal ini menjadi ciri khas dari hotel bintang lima untuk menyambut tamu dan tenant di gedung. Ditambah dengan adanya semerbak aroma wewangian bak di hotel yang dapat menambah kenyamanan para pengunjung.

General Manager Menara Danareksa Rika Rasyid. (Foto: dok Menara Danareksa)
General Manager Menara Danareksa Rika Rasyid. (Foto: dok Menara Danareksa)

Dia mengatakan, setiap pengunjung yang memasuki area gedung, akan disambut dengan tim security yang ramah. Mereka menanyakan identitas serta keperluan memasuki gedung dengan penuh kebersahajaan.

Sehingga, sebagai pengunjung, kita akan merasa aman dan tetap nyaman. Keramahan juga tergambar ketika melalui sistem pengecekan yang menggunakan sistem x-ray serta detektor. Tak heran meski dilakukan pengecekan pada barang yang kita bawa, termasuk barang pribadi, pengunjung tetap merasakan kenyamanan, katanya.

Terkait keamanan, sistem keamanan serta keterampilan penjagaan pun dimaksimalkan dengan adanya prosedur keadaan darurat bencana seperti gempa bumi, kebakaran, hingga kerusuhan. Untuk antisipasi terjadinya bencana alam pengelola gedung menerapkan beberapa poin atau prosedur antisipasi.

Setiap staf yang ada di Menara Danareksa, termasuk para pegawai tenant telah mendapatkan training dan pembekalan cara berlindung apabila terjadi bencana. Training tersebut dibagi dalam tiga tahap yakni sebelum kejadian, saat kejadian, dan setelah kejadian bencana.

Meski sudah unggul dengan menerapkan konsep hospitality terbaik, dan berbagai fasilitas yang mumpuni, hal tersebut tidak menjadikan Rika langsung berpuas diri.

Kami terus berusaha membuat inovasi agar Menara Danareksa semakin berkembang. Salah satu contohnya adalah dengan menjadikan Menara Danareksa sebagai financial business district, ucap Rika.

Terkait hal tersebut, Rika menyampaikan kehadiran Menara Danareksa yang dibangun dan dikelola oleh PT PP (Persero) Tbk yang merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menjadi bagian dalam perencanaan untuk melengkapi Monas. Kawasan Monas oleh Pemerintah melalui Kementerian BUMN akan dipoles menjadi city center baru layaknya Central Park New York, Amerika Serikat.

Nantinya, Menara Danareksa dan BSI Tower akan menjadi twin tower. Connecting bridge menjadi penghubung kedua menara ini. Sebagai informasi, saat ini BSI Tower masih dalam tahap pembangunan dan akan menjadi kompleks financial center yang terintegrasi secara seamless dengan Kementerian BUMN.

Menara Danareksa dibangun seiring dengan rencana pemanfaatan aset properti BUMN, sebagai bagian dari persiapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Lantas bagaimana Menara Danareksa menyiapkan diri dengan kemungkinan perpindahan instansi pemerintah ke IKN?

Jadi, untuk pertanyaan sehubungan dengan IKN apakah akan memberi pengaruh negatif kepada okupansi Menara Danareksa, saya cukup confidence bahwa perpindahan ibukota negara ke IKN tidak akan banyak berpengaruh dengan okupansi Menara Danareksa. Karena Jakarta tetap merupakan pusat perekonomian, sehingga kebutuhan akan area perkantoran maupun pertemuan akan tetap ada dan meningkat dari waktu ke waktu, tuturnya.

Topik Menarik