Jajaki Potensi Kolaborasi, PT BIJB dan Pemprov Jabar Studi Lapangan ke Tiongkok

Jajaki Potensi Kolaborasi, PT BIJB dan Pemprov Jabar Studi Lapangan ke Tiongkok

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Jum'at, 7 Juni 2024 - 14:10
share

GUANGZHOU, iNewsPurwokerto.id - PT BIJB Aerocity Development (BIJB AD) bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Guangzhou dan Shenzhen, pada 21-26 Mei 2024 lalu. Kunjungan ini sendiri dilakukan untuk studi lapangan yang dapat memberikan wawasan dan pembelajaran konkret terkait perencanaan dan pengelolaan kawasan industri serupa yang tengah dikembangkan oleh PT BIJB AD di Kertajati.

Seperti diketahui, Guangzhou dan Shenzhen adalah contoh kota termaju di Tiongkok dan berhasil membangun kawasan kota dengan memaksimalkan potensi pengembangan yang berkelanjutan dan berstandar Internasional.

Sri Pujiyanti, Direktur Utama PT BIJB AD mengungkapkan harapannya agar kunjungan ini bisa mengakselerasi rencana pembangunan kawasan Kertajati sebagai pengembang kawasan strategis di sekitar Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. Kunjungan yang dilakukan PT BIJB AD ini sebagai langkah upaya percepatan pembangunan dalam pengembangan infrastruktur di kawasan strategis tersebut.

Kunjungan ini menjadi ajang pertukaran pengetahuan dan praktik yang akan menjadi panduan dan pertimbangan berharga dalam mengambil kebijakan yang lebih strategis, efisien, berkelanjutan, serta inovatif di masa depan. BIJB AD berharap lewat kunjungan ini kita bisa meraih mitra strategis yang bisa membantu upaya pembangunan di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, kata Sri dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

BIJB AD yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sedang dalam tahap perancangan untuk menetapkan kawasan Aerocity Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Inisiatif ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi regional melalui insentif fiskal dan berbagai fasilitas untuk kemudahan investasi.

Kunjungan ini juga bertujuan untuk memperoleh wawasan langsung dan praktik terbaik yang dapat diadaptasi dalam pengembangan KEK di Aerocity, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih dinamis dan inklusif.

Jejak impresif perusahaan-perusahaan asal negeri tirai bambu yang telah berhasil mengembangkan kawasan serupa di dalam negara maupun luar negaranya, telah menjadikan mereka sebagai mitra potensial dalam mencapai visi besar PT BIJB AD.

Dalam kunjungannya, PT BIJB AD juga proaktif membuka pintu untuk kerjasama investasi, khususnya investasi di sektor-sektor vital seperti ekosistem kendaraan listrik (EV), manufaktur bernilai tinggi, serta energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Potensial kolaborasi dengan investor yang telah sukses dan berpengalaman diharapkan dapat menjadi pendorong kesuksesan PT BIJB AD dalam mengembangkan kawasan Kertajati.

Topik Menarik