Bahlil Bakal Buka-bukaan Pemberian Izin Tambang ke Ormas Hari Ini

Bahlil Bakal Buka-bukaan Pemberian Izin Tambang ke Ormas Hari Ini

Ekonomi | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 09:39
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia akan menjelaskan soal pemberian izin tambang kepada organisasi masyarakat (ormas) hari ini, Jumat (7/6/2024). Seperti diketahui, keputusan ini menimbulkan polemik di masyarakat.

"Besok (Jumat) saya Konpers di Kementerian Investasi membicarakan tentang investasi dan ikut bicarakan tentang PP yang baru soal ormas," tutur Bahlil di Kementerian ESDM, Kamis (6/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Bahlil menjelaskan salah satu kriteria ormas yang akan diberikan konsesi tambang harus memiliki badan usaha terlebih dahulu. Dengan begitu, konsesi tambang yang diberikan atas nama badan usaha, bukan organisasinya.

"Gini, kita memberikan ke ormas bukan ke organisasinya tapi ke badan usaha yang dimiliki oleh ormas itu. Detailnya besok ikut konpers," kata dia.

Bahlil mengungkapkan salah satu tujuan ormas diberikan konsesi tambang adalah menjunjung asas keadilan. Pasalnya, selama ini para pemain di sektor pertambangan, hanyalah mereka yang sudah memiliki pengalaman dan rerata perusahaan besar.

"Kalau mau bicara tentang pengalaman memang perusahaan yang mulai pertambangan itu langsung punya pengalaman pertambangan? Kan berproses," ucap Bahlil

"Jadi kalau cara berpikirnya orang di tambang dulu saja, berarti pengusaha lain tidak boleh masuk di dunia pertambangan, hanya orang tambang saja? Selama memenuhi peraturan, ada kualifikasi di pertambangan, kita harus berikan kesempatan," pungkasnya.

Topik Menarik