2 Konsorsium Tak Lulus Prakualifikasi Lelang Proyek Jalan Tol Getaci

2 Konsorsium Tak Lulus Prakualifikasi Lelang Proyek Jalan Tol Getaci

Ekonomi | inews | Selasa, 28 Mei 2024 - 07:20
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan hasil pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis (Getaci). Setidaknya ada dua konsorsium yang mengikuti prakualifikasi lelang proyek jalan tol yang melintasi dua provinsi tersebut.

Berdasarkan pengumuman BPJT Nomor: 24/BPJT/L/GTCM/2024, dua konsorsium tersebut di antaranya PT Trans Persada Sejahtera-PT Wiranusantara Bumi, dan Konsorsium PT Dayamulia Turangga-PT China State Construction Overseas Development Shanghai.

Hasilnya, kedua konsorsium tersebut dinyatakan tidak lulus dalam evaluasi dokumen prakualifikasi pengusahaan tol yang digadang-gadang akan menjadi proyek tol terpanjang di Indonesia.

Namun demikian, melalui pengumuman BPJT juga disampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan dalam Dokumen Prakualifikasi (Pasal II.Q.1) peserta prakualifikasi yang keberatan atas hasil tersebut.

"Peserta prakualifikasi yang keberatan atas penetapan hasil prakualifikasi dapat mengajukan sanggahan secara tertulis selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah tanggal pengumuman prakualifikasi," tulis pengumuman tersebut yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Pelelangan Tol Getaci, Sony Sulaksono Wibowo dikutip, Selasa (28/5/2024).

Jalan Tol Getaci sepanjang 174,3 km yang saat ini tengah dilelang diperkirakan bakal menjadi ruas tol terpanjang kedua di Indonesia setelah ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung di Sumatera Selatan dengan total panjang 189,2 km.

Pada tahap lelang pertama kali, proyek Tol Getaci memang diperkirakan bakal menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia. Pasalnya, tol ini akan menembus dua provinsi sekaligus, Jawa Barat sepanjang 171,40 km, dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km, sehingga total panjangnya 206,65 km.

Kementerian PUPR sendiri sudah menyelesaikan penetapan lokasi pembangunan tol tersebut. Nantinya, Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan-Cilacap (34,35 km).

Namun setelah lelang tahap pertama gagal, Kementerian PUPR akhirnya memangkas proyek tersebut, yang sebelumnya membentang dari Gedebage sampai Cilacap, saat ini hanya sampai ke Ciamis sepanjang 174,3 km.

Topik Menarik