Total Transaksi PaDi UMKM Melesat Sampai Rp28 Triliun

Total Transaksi PaDi UMKM Melesat Sampai Rp28 Triliun

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 16 Juni 2023 - 18:49
share

IDXChannel - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat total transaksi dalam Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) sepanjang 2022 mencapai Rp28 triliun. Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan awal tahun lalu yang berada di posisi Rp20 triliun.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menyebut, nominal transaksi tersebut berasal dari 92 perusahaan pelat merah.

Sementara jumlah usaha mikro yang bergabung dalam PaDi UMKM hingga 2022 tercatat sebanyak 36.000 pelaku usaha.

"Capaian di tahun 2022 total transaksi ke UMKM Rp 28 triliun. UMKM-nya sekitar 36.000 ya," ujar Loto dalam konferensi pers PaDi UMKM Expo 2023, Jumat (16/6/2023).

Adapun barang yang paling banyak diserap atau dibeli BUMN terdiri dari alat tulis kantor (ATK), souvenir, sewa mobil, hingga jasa borong. Di sektor retail, ada fesyen hingga kuliner.

"Tapi kalau yang retail seperti umumnya seperti disini (Sarinah) kebutuhan individu sehari-hari yaitu fesyen, kuliner, dan lain-lain" ucap dia.

Pad Agustus 2021, transaksi PaDi UMKM berada di angka Rp 10,3 triliun. Jumlah itu berasal dari 130.000 transaksi yang dilakukan 43 BUMN dan 9,600 UMKM.

Sekretaris Kementerian BUMN (Sesmen), Rabin Indrajad Hattari memastikan, pihaknya terus mendorong kerja sama perseroan negara dengan UMKM. Tujuannya, agar produk usaha mikro itu bisa naik kelas.

"Jadi teman-teman, ini masih di sektor jasa kebanyakan, tapi kuta di BUMN, kan Kementerian BUMN kita dorong BUMN kita itu mendidik UMKM supaya tingkat produksinya itu naik kelas, jadi kan kita punya Rumah BUMN ya untuk mengcover mereka supaya dari sisi manufakturnya, produknya itu bisa naik kelas," tutur Rabin.

(SLF)

Topik Menarik