Kapolres Dumai Gelar Kegiatan Silaturahmi Dengan Program BERES di PT Envitec Multi Indonesia

Kapolres Dumai Gelar Kegiatan Silaturahmi Dengan Program BERES di PT Envitec Multi Indonesia

Terkini | dumai.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:10
share

DUMAI, iNewsDumai.id - Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si., menggelar kegiatan Silahturahmi Berbincang Bersama Kapolres atau "Beres" di PT. Envitec Multi Indonesia, Jl. Arifin Ahmad, RT 010, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, (26/10/2024).

Acara ini bertujuan untuk membahas persiapan menjelang Pilkada Serentak 2024 agar berlangsung damai, aman, dan kondusif di Kota Dumai.

“Kegiatan ini adalah bentuk perhatian Polres Dumai dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada. Kami ingin masyarakat merasa aman, tidak hanya selama Pilkada, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kapolres di depan hadirin yang terdiri dari Forkopimcam Medang Kampai, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan karyawan perusahaan setempat.

Selain itu, Kapolres Dhovan menanggapi sejumlah masukan dan keluhan dari masyarakat. Dalam sesi tanya jawab, Jamaludin, warga Selinsing, meminta dibangun pos polisi aktif di wilayah tersebut guna meningkatkan rasa aman. 

Menanggapi hal itu, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan permintaan tersebut kepada Pemko Dumai atau Mabes Polri. 

“Pembuatan pos polisi tentu memerlukan regulasi dan persetujuan. Kami akan berupaya semaksimal mungkin, namun yang tak kalah penting, masyarakat dapat mengandalkan Bhabinkamtibmas yang selalu ada dan dekat di tengah masyarakat,” jelasnya.

Masalah pencurian buah kelapa sawit juga mencuat dalam dialog. Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta Kapolsek Medang Kampai untuk menghimbau kepada pengusaha RAM (agen penampung buah sawit) agar selektif dalam menerima sawit. 

“Kami meminta agar buah sawit yang diterima benar-benar berasal dari sumber yang jelas dan bukan dari hasil curian. Ini juga sebagai upaya untuk mencegah tindakan kriminal di daerah kita,” tegas Kapolres.

Selain itu, isu begal dan pemalakan di jalan yang kerap meresahkan juga mendapat perhatian khusus dari Kapolres. Ia menegaskan bahwa warga dapat segera melaporkan tindakan kriminal tersebut ke Bhabinkamtibmas atau langsung ke Polres Dumai agar dapat ditindak tegas. 

“Kami tidak akan mentoleransi tindakan begal dan pemalakan. Laporkan segera agar petugas dapat bertindak cepat,” kata Kapolres Dhovan, menegaskan komitmennya dalam memberantas tindakan kriminal di wilayah Dumai.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Dumai juga menanggapi masalah penyalahgunaan narkoba yang dikeluhkan oleh Camat Medang Kampai. Ia mengatakan bahwa Polres Dumai siap membantu masyarakat yang ingin melakukan rehabilitasi dengan menghubungkan mereka ke BNN. 

“Bagi masyarakat yang ingin pulih dan keluar dari jerat narkoba, kami akan mengarahkan ke BNN untuk rehabilitasi tanpa dipungut biaya. Rehabilitasi ini penting agar mereka dapat kembali ke masyarakat dengan kondisi lebih baik,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Lurah Pelintung Zamhuri, perwakilan manajemen PT. EMI, para Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat yang berperan penting dalam menjaga keamanan lingkungan di wilayah masing-masing. Sambutan hangat dari warga menunjukkan bahwa masyarakat menyambut baik program Beres yang digagas Polres Dumai ini.

Kapolres juga menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat adalah kunci untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif. Ia mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pemuda setempat untuk turut serta dalam sosialisasi mengenai keamanan dan ketertiban umum. 

“Keterlibatan masyarakat sangat penting. Dengan kerjasama semua pihak, kita bisa menjaga Dumai agar tetap kondusif menjelang Pilkada,” katanya.

Dalam suasana penuh keakraban, Kapolres memberikan bingkisan sembako kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Polres Dumai terhadap kebutuhan warga. 

“Kami ingin masyarakat tahu bahwa kami tidak hanya hadir saat ada masalah, tetapi kami juga berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar warga,” ungkap Kapolres, mengakhiri sambutannya.

Kegiatan Beres ini diakhiri dengan doa bersama dan diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan sinergi antara Polres dan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman. 

“Mari kita bersama-sama menjaga Dumai agar tetap damai. Pilkada adalah pesta demokrasi kita semua, mari kita jalani dengan tenang dan damai,” tutup Kapolres Dhovan.

Topik Menarik