Buka Peluang Emas, Calon Wali Kota Supian Suri Berkomitmen Bangun Fasilitas Atlet di Depok

Buka Peluang Emas, Calon Wali Kota Supian Suri Berkomitmen Bangun Fasilitas Atlet di Depok

Terkini | depok.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:50
share

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok, Supian Suri, menegaskan pentingnya penyediaan sarana latihan olahraga prestasi di Depok. Menurutnya, dengan terbatasnya keunggulan alam seperti pegunungan atau laut, Depok perlu menciptakan daya tarik tersendiri untuk menarik minat masyarakat dan memajukan kota ini. Salah satunya, melalui pengembangan fasilitas olahraga untuk mencetak atlet berprestasi.

“Kita harus punya magnet yang membuat orang ingin datang ke Depok. Bagaimana warga Depok bisa lebih unggul dibanding daerah lain? Penyediaan sarana latihan untuk olahraga prestasi ini jawabannya,” kata Supian Suri di Cilodong, Sabtu (26/10/2024).

Supian berpendapat bahwa olahraga bisa menjadi jalan bagi masyarakat, terutama anak muda, untuk bertransformasi dari bukan siapa-siapa menjadi tokoh yang dikenal luas. Ia mencontohkan atlet-atlet catur atau angkat besi yang sukses mengharumkan nama bangsa di tingkat nasional dan internasional.

“Orang yang jago catur atau angkat besi bisa dikenal secara nasional, bahkan dunia. Namun, prestasi seperti itu tidak bisa lahir begitu saja. Semua harus dipersiapkan, dari sarana hingga prasarana,” jelasnya.

Ia menambahkan, meskipun ada atlet yang muncul dengan segala keterbatasan fasilitas, peluang tersebut sangat kecil. Oleh karena itu, pemerintah harus hadir untuk menyediakan infrastruktur yang memadai agar semakin banyak bibit unggul yang muncul.

“Memang ada yang muncul dari keterbatasan, tapi jumlahnya sangat sedikit. Kalau kita ingin banyak bibit unggul, maka sarana dan prasarananya harus disiapkan pemerintah,” tegas Supian.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas dan pelatih yang memadai, mencetak atlet unggul bukanlah hal yang sulit. Bibit unggul akan muncul jika ditanam di lingkungan yang subur dan mendukung, lanjut Supian.

Selain menyediakan fasilitas, Supian juga menyoroti pentingnya mengadakan event atau kompetisi sebagai wadah pembinaan dan penyaluran bakat. Ia menyayangkan kondisi saat ini di mana banyak atlet yang harus menanggung biaya sendiri untuk bertanding di luar kota.

“Pemerintah perlu mengadakan lomba atau kompetisi secara rutin. Misalnya, event lari 10 km di Depok, itu bisa menarik ribuan orang datang. Hotel penuh, UMKM kita hidup. Itu baru dari satu event saja,” kata Supian.

Ia yakin, event olahraga seperti lomba lari, catur, voli, atau skateboard tingkat nasional bisa menjadi daya tarik tersendiri. Dampaknya tidak hanya pada prestasi atlet, tetapi juga memberikan dampak ekonomi bagi Depok melalui sektor pariwisata dan UMKM.

“Bayangkan, lomba lari saja bisa ramai. Apalagi jika kita adakan catur atau voli tingkat nasional, pasti banyak yang datang. Anak-anak muda juga butuh ruang untuk berlatih dan berekspresi,” tuturnya.

Supian mengungkapkan, jika terpilih nanti, ia berkomitmen untuk menyediakan ruang latihan bagi anak-anak muda di Depok. Ia yakin dengan dukungan sarana yang baik, akan banyak atlet hebat yang lahir dari kota ini.

“Ini keren banget kalau bisa diwujudkan. Ruang berlatih itu penting, mereka bisa maksimal latihan dan menjadi atlet hebat. Atlet-atlet berprestasi ini adalah cermin kemajuan Depok,” tambah Supian.

Supian juga melihat pembinaan olahraga ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Selain mencetak atlet, sarana latihan ini bisa menjadi ruang untuk masyarakat berolahraga dan menjaga kesehatan.

“Olahraga adalah sarana untuk meningkatkan kesehatan. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, masyarakat bisa lebih sehat. Itu yang memang harus kita siapkan,” katanya.

Ia mengaku prihatin dengan kondisi saat ini, di mana banyak anak muda yang sulit mencari tempat untuk berlatih olahraga. Ia mencontohkan pengalaman atlet skateboard yang terpaksa latihan di tempat seadanya dan mendapat teguran dari warga sekitar.

“Sedih rasanya dengar ada anak-anak skateboard yang latihan di tempat umum, lalu diomelin. Ini sangat menyedihkan. Anak-anak muda kita butuh tempat berlatih,” ungkap Supian.

Dengan visi besarnya ini, Supian berharap bisa memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan olahraga di Depok dan menciptakan banyak bibit atlet berprestasi yang membanggakan.

 

Topik Menarik