Perkuat Produk Pertanian Indonesia di Pasar Global, UPLAND Kementan Mejeng di TEI

Perkuat Produk Pertanian Indonesia di Pasar Global, UPLAND Kementan Mejeng di TEI

Terkini | depok.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 22:30
share

JAKARTA, iNews Depok.id - Program UPLAND Kementerian Pertanian (Kementan) menindaklanjuti sejumlah calon pembeli yang tertarik melihat berbagai produk pertanian milik kelompok tani binaan UPLAND, yang sebelumnya dipamerkan dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 tahun 2024.

Project Manajer UPLAND Muhammad Ikhwan mengatakan hasil pameran perdagangan terbesar di Indonesia tersebut banyak diminati oleh calon pembeli.

"Selama pameran terdapat buyer dari dalam dan luar negeri yang menyatakan berminat bekerja sama dan membeli produk petani binaan program UPLAND," kata Ikhwan dalam keterangan tertulisnya, Jum'at (25/10/2024).

Dia menilai banyaknya produk yang dipamerkan di TEI pekan lalu, semakin besar membuka peluang program peningkatan ekspor dan memperkuat posisi produk-produk pertanian Indonesia di pasar global.

"Kita terus mendorong pemasaran produk-produk pertanian dari program UPLAND. Meskipun beberapa produk telah berhasil diekspor tapi produk-produk lainnya juga terus kita dorong," kata Ikhwan.

Ikhwan menambahkan, selain produk segar pertanian seperti kentang, bawang merah, pisang, kopi dan beberapa produk lain. Program UPLAND juga memamerkan berbagai produk pertanian olahan yang tak kalah kualitasnya dengan produk lain.

"Mulai dari produk dari bagian hulu sampai hilir dari hasil kelompok tani yang tersebar di 13 daerah. Produk olahan ini untuk mendukung kesejahteraan petani," jelasnya.

 

Pada kesempatan yang sama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program UPLAND Kementan, Risda Sinaga mengatakan, berbagai produk program UPLAND berhasil memikat para calon pembeli di berbagai daerah dan negara.

"Nanti kami akan menjembatani antara petani dan calon konsumen. Setelah itu kami langsung serahkan dengan kelompok petani. Kita ingin menguatkan kelembagaan kelompok tani ini dengan memaksimalkan potensi korporasi sehingga petani bisa mandiri," katanya.

Saat ini berbagai produk pertanian kelompok tani binaan program UPLAND telah diekspor ke berbagai negara seperti lada Purbalingga diekspor ke Jepang, bawang merah Sumenep ke Belanda, dan berbagai produk seperti beras organik.

Dia mengatakan capaian akhir dari program UPLAND merupakan peningkatan penghasilan para kelompok tani. Dengan demikian secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Kita berharap manfaat nilai tambah dari produk-produk pertanian yang dihasilkan dari Program UPLAND ini dapat diterima oleh petani secara langsung, kemudian mereka akan semakin meningkat kesejahteraan dalam hidupnya," pungkasnya.

Topik Menarik