RSUD Sayang Cianjur Layani Kemoterapi Pasien Kanker, Sediakan Rumah Singgah Bagi Keluarga Pasien.

RSUD Sayang Cianjur Layani Kemoterapi Pasien Kanker, Sediakan Rumah Singgah Bagi Keluarga Pasien.

Terkini | cianjur.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 20:50
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur sudah bisa menangani layanan layanan kemoterapi bagi pasien penderita kanker. Seiring fasilitas yang sudah memadai dan ditunjang perlatan yang  lengkap. 

Sehingga penderita kanker yang harus jalani kemoterapi sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke rumah sakit di luar Cianjur. Bahkan sejak dibukanya layanan kemoterapi tersebut RSUD Sayang Cianjur sudah mampu melayani 140 orang pasien penderita kanker yang rutin menjalani pemeriksaan.

"Alhamdulillah sekarang RSUD Sayang sudah bisa melayani pasien penderita kanker untuk melakukan kemoterapi. Sebelumnya mereka harus berobat ke luar Cianjur seperti ke Bandung. Sekarang saja yang tercatat ada 140 pasien kanker yang rutin menjalani perawatan," ungkap  Direktur Utama RSUD Sayang Cianjur, Irvan Nur Fauzi, kepada awak media, Rabu (8/10/2024).

Menurut Irvan, 40 persen pasien penderita kanker yang menjalani kemoterapi berasal dari wilayah selatan Kabupaten Cianjur.

"Sebagian pasien yang datang ke RSUD Sayang ini 40 persennya berasal dari Cianjur Selatan yang jaraknya sangat jauh 50 kilometer hingga 120 kilometer dari RSUD Sayang," imbuhnya.

Sedangkan pasien kemoterapi ini dalam penanganannya memerlukan waktu. Jadi pasien yang dari Cianjur Selatan tersebut kebanyakan menginap dengan keluarganya dan akhirnya mereka tidur di mana saja.

Untuk membantu keluarga pasien tersebut pihak RSUD Sayang Cianjur kini telah menyediakan rumah singgah bagi keluarga pasien yang ikut mengantar atau menunggui pasien.

"Iya pihak RSUD Sayang kini  sudah menyediakan rumah singgah yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat bahkan menginap, terutama bagi pasien dari wilayah Cianjur Selatan yang tidak mampu. Namun baru memiliki dua ruangan yang sudah difungsikan dan kami akan terus berusaha menambah enam ruangan lagi," tutup Irvan.

Topik Menarik