Pilwali Makassar, Survei Indikator: Paslon AMAN Tunjukkan Tren Positif

Pilwali Makassar, Survei Indikator: Paslon AMAN Tunjukkan Tren Positif

Terkini | celebes.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:10
share

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar mulai menunjukkan persaingan kompetisi para pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

Empat pasangan calon saling berebut simpati warga sebelum hari pencoblosan November 2024 nanti. Namun dari keempat paslon, nama Amri Arsyid-Rahman Bando menjadi salah satu paslon yang menunjukkan tren positif dalam peningkatan popularitas maupun elektabilitasnya. Hal ini berdasarkan hasil survei Indikator Politika Indonesia yang dirilis Sabtu (12/8/2024).

Founder Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan Amri Arsyid-Rahman Bando berpotensi memberikan kejutan pada Pilwali Makassar tahun ini.

Terbukti dari 212 responden yang mengaku mengenal keempat pasangan calon Wali Kota, hanya paslon bertagline AMAN yang menunjukkan peningkatan elektabilitas tajam hingga dua kali lipat. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika popularitas paslon AMAN terus naik seperti saat ini, maka dengan sendirinya elektabilitasnya juga akan melejit.

“Jika diasumsikan popularitas keempat calon ini sama karena kan kita lakukan survei ini setelah penetapan, belum masuk masa kampanye. Calon lain meningkat selain pak Munafri dan peningkatannya justru lebih tajam itu Pak Amri Arsyid bahkan naiknya dua kali lipat,” terangnya. 

“Jika Amri Arsyid dalam waktu sebulan kedepan itu all out untuk menaikkan popularitasnya bisa saja tingkat dikenalnya meningkat punya efek untuk elektabilitasnya yang tinggi,” lanjut Burhanuddin.

Ia juga menjelaskan kejutan lain yang bisa ditunjukkan paslon AMAN saat jelang pencoblosan.  Partai pengusung paslon AMAN yakni PKS dikenal sebagai partai dengan mobilitas tinggi. 

“Biasanya calon yang didukung PKS itu punya kemampuan mobilisasi yang kuat dan pemilihnya cenderung lebih punya militansi. Jadi bukan sekedar punya intensi memilih tetapi datang ke TPS. Jadi sangat mungkin suara Pak Amri Arsyid itu akan lebih tinggi dibanding survei hari ini,” tandasnya.

Topik Menarik