Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 8, Lengkap Cara Bacanya Arab-Latin dan Artinya

Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 8, Lengkap Cara Bacanya Arab-Latin dan Artinya

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 09:56
share

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid surat Ali Imran ayat 8 berikut ini bisa menjadi pelajaran penting dan bermanfaat bagi Muslim dalam membaca Al Quran.

Mengetahui hukum bacaan sesuai tajwid memang sangat penting agar ayat yang dibaca tidak salah pemaknaannya.

Surat Ali Imran ayat 8 sebagaimana dilansir dari Tafsir Tahlili Kemenag, menjelaskan Sikap orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam, mereka selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah swt, bila mereka tidak sanggup lagi memikirkan ayat-ayat Allah. Mereka berdoa kepada Allah agar selalu dipelihara, dipimpin, diberi petunjuk, dan jangan sampai mereka tergelincir ke jalan yang sesat setelah mereka mendapat petunjuk. Dari doa mereka dipahami bahwa yang mereka mohonkan itu bukanlah semata-mata keselamatan dan kebahagiaan duniawi, tetapi juga mereka memohon kebahagiaan dan keselamatan di akhirat.

Sebelum mengetahui hukum tajwid surah Ali Imran ayat 8, berikut adalah bunyi ayat, tulisan arab-latin dan artinya:

Surat Ali Imran ayat 8

Arab-Latin: Rabban l tuzig qulban bada i hadaitan wa hab lan mil ladunka ramah(tan), innaka antal-wahhb(u).

Artinya: (Mereka berdoa,) Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami berpaling setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan anugerahkanlah kepada kami rahmat dari hadirat-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Surat Ali Imran ayat 8 ini banyak mengandung hukum tajwid di antaranya Mad Thabi;i, Ikhfa, Ghunnah, Idgham Bilaghunnah, Mad Layin, Mad Aridh Lissukun, Qalqalah sughra, Qalqalah Kubra, dan Alif Lam Qomariyah.

Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 8

= Hukum tajwidnya Mad asli atau Mad Thobii karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

: Hukum tajwidnya Mad asli atau Mad Thobii karena huruf Lam berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

: Hukum tajwidnya Mad asli atau Mad Thobii karena huruf Wawu sukun didahului lam dhummah dan nun fathah bertemu alif. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

: Hukum tajwidnya ada 2 macam, pertama Mad Layin (Lin) karena ya sukun didahului Dal fathah. Kedua, Mad Thabi\'i karena nun fathah bertemu alif.

: Hukum tajwidnya qalqalah sughra karena huruf qalqalah B sukun berada di tengah kalimat. Cara bacanya dipantulkan ringan.

: Hukum tajwidnya Mad asli atau Mad Thobii karena huruf Nun berharakat fathah bertemu alif. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

: Hukum tajwdinya ada 2, pertama Idgham Bilaghunnah karena nun sukun bertemu lam bertasydid. Cara bacanya masuk ke huruf lam dan ditahan. Kedua, Ikhfa karena nun sukun bertemu Kaf. Cara bacanya dengan dengung dan samar.

: Hukum tajwidnya Ghunnah karena nun fathah bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan.

: Hukum tajwidnya Ikhfa karena nun sukun bertemu huruf Ikhfa Ta fathah. Cara bacanya dengan dengung dan samar.

: Hukum tajwidnya ada 3 macam, pertama ALif Lam Qomariyah karena huruf Lam bertemu wawu. Cara bacanya jelas. Kedua, Mad Aridh Lissukun dibaca panjang 2 sampai 6 harakat. Ketiga, Qolqolah Kubra karena huruf Ba diwaqaf dan berada di akhir kalimat. Cara bacanya dipantulkan keras.

Itulah hukum tajwid surat Ali Imran ayat 8 lengkap dengan artinya beserta penjelasan dan cara bacanya. Semoga bisa menjadi pembelajaran dalam membaca Alquran.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik