Gerak Cepat, Wahono - Nurul Canangkan Satgas Pembangunan Bojonegoro

Gerak Cepat, Wahono - Nurul Canangkan Satgas Pembangunan Bojonegoro

Terkini | bojonegoro.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 20:30
share

BOJONEGORO, iNews.id - Sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di Bojonegoro, paslon bupati dan wakil bupati nomor 02, Setyo Wahono - Nurul Azizah mencanangkan pembentukan satuan tugas (Satgas) pembangunan.

Pembentukan satgas tersebut, bagian dari ihtiar membangun kota migas, melalui tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), demokratis, partisipatif dan inovatif. 

Sebagai daerah yang memiliki potensi besar, Bojonegoro tak bisa dibangun dengan konsep otoriter yang tidak komunikatif. Sebaliknya, pembangunan Bojonegoro harus dilakukan dengan cara partisipatif berbasis collaborative government (pemerintahan yang bersinergi). 

Sementara itu, Ahmad Supriyanto selaku anggota DPRD Bojonegoro dari Partai Golkar mengatakan, jika potensi besar itu salah satunya bisa dilihat dari kondisi wilayah, serta jumlah APBD-nya yang mencapai Rp8 triliun lebih. Karena itu, pembangunan tak bisa dilakukan secara sporadis dan tanpa kolaborasi. 

"Pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang partisipasi publik, dalam kebijakan perencanaan dan anggaran pembangunan daerah," kata Supriyanto. 

Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Parti Golkar DPRD Bojonegoro itu menjelaskan, dengan adanya ruang partisipasi publik, secara logika, pemerintah lebih mudah mendeteksi banyak hal. Sehingga, intervensi positif dari pemerintah bisa tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. 

Karena itu, dalam jangka 5 tahun mendatang, pembangunan Bojonegoro harus ditujukan untuk pemerataan kesejahteraan. Di antaranya melalui percepatan pengentasan kemiskinan dan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, serta peningkatan kualitas layanan publik.

"Termasuk Collaborative Government yang merupakan pelaksanaan program peningkatan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi," ujar Supriyanto. 

Secara sederhana, dia melanjutkan, untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang cepat, responsif, efektif, inovatif dan inklusif, harus membangun pemerintahan kabupaten yang terbuka dan kolaboratif. Termasuk membentuk Satgas pada sektor utama pembangunan. 

"Pemerintah Daerah sudah seyogyanya mampu menggerakkan seluruh modal sosial yang ada di daerah untuk mencapai tujuan utama pembangunan daerah yang adil, makmur dan bahagia atau wellbeing," tegas Sekretaris Tim Pemenangan Paslon 02 ini.

Sementara itu, Cabup Bojonegoro Setyo Wahono dalam salah satu program unggulannya telah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) pada sektor-sektor utama pembangunan Bojonegoro. 

Di antaranya adalah Satgas Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Konektivitas Wilayah, Satgas Pertanian, hingga Satgas Prestasi dan Olahraga. 

"Satgas ini penghubung utama antara publik dan pejabat. Sehingga, keduanya punya titik temu," kata Wahono. 

Cabup Wahono menjelaskan, masing-masing Satgas nantinya terdiri atas unsur multistakeholders meliputi multi-sektor/multidisiplin keahlian/keilmuan, multi-level (desa, kabupaten, nasional dan internasional), akademisi, organisasi masyarakat sipil, hingga entrepreneur. 

Sehingga tugas pembangunan masing-masing sektor nantinya tak lagi menjadi kewenangan khusus pejabat dinas terkait. Namun harus dibantu Satgas sebagai penghubung antara masyarakat dan pejabat. Agar pembangunan mampu dilakukan melalui berbagai sudut pandang dan prioritas kebutuhan.

"Keberadaan Satgas ini akan membantu mempercepat pembangunan Bojonegoro," tandas cabup dari Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo ini.

Topik Menarik