Malam Keakraban HIMASIF dan HIMASIL UIKA Bogor, Rimun Wibowo Ajak Mahasiswa Asah Jiwa Kepemimpinan

Malam Keakraban HIMASIF dan HIMASIL UIKA Bogor, Rimun Wibowo Ajak Mahasiswa Asah Jiwa Kepemimpinan

Terkini | bogor.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 22:30
share

BOGOR, iNewsBogor.id - Dr. Rimun Wibowo, Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, menyampaikan motivasi inspiratif kepada para mahasiswa pada acara Malam Keakraban HIMASIF dan HIMAPSIL.

Acara yang digelar di Villa Cemara, Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor, ini mengusung tema Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Visioner, Dinamis, serta Progresif berdasarkan Kekeluargaan.

Dalam pidatonya, Dr. Rimun sangat mengapresiasi inisiatif acara ini serta menilai bahwa tema yang diangkat sangat relevan. "Alumni yang sukses, baik dalam karir maupun kehidupan, biasanya aktif sebagai aktivis semasa mahasiswa. Acara semacam ini merupakan wadah penting untuk mengasah kemampuan kepemimpinan mahasiswa," ujar Dr. Rimun.

Ia menekankan bahwa kepemimpinan bukan hanya soal teori, tetapi juga seni dalam memobilisasi sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.


Profil para mahasiswa di Malam Keakraban menghadirkan Dr Rimun Wibowo. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

"Acara seperti ini adalah contoh nyata bagaimana seni kepemimpinan diterapkan. Seni menggerakkan mahasiswa Ilmu Lingkungan dan Sistem Informasi untuk berpartisipasi, seni mencari dan mengelola dana, serta seni menyusun agenda dan mengoordinasikan berbagai aspek kegiatan seperti waktu, narasumber, konsumsi, hingga teknis acara seperti sound system dan sertifikat," tambahnya.

 

Dr. Rimun juga menyoroti pentingnya melatih soft skills yang seringkali tidak diajarkan di ruang kelas, namun sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja.

"Keterampilan komunikasi, empati, simpati, dan toleransi adalah bagian dari kepemimpinan yang akan sangat bermanfaat dalam interaksi di kampus maupun setelah menjadi alumni nanti," katanya.

Acara Malam Keakraban yang dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan dan Sistem Informasi ini berlangsung sejak pagi hari dan akan berlanjut hingga keesokan harinya dengan beragam kegiatan positif dan kreatif.

Dr. Rimun percaya bahwa kebersamaan dalam acara ini tidak hanya akan memperkuat hubungan antarmahasiswa, tetapi juga membangun modal sosial yang berharga untuk masa depan.


Para mahasiswa HIMASIF dan HIMAPSIL Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun Bogor yang hadir di Malam Keakraban. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

 

Dengan agenda yang padat, penuh kegiatan inovatif, acara ini diharapkan mampu membentuk para mahasiswa menjadi individu yang siap memimpin, dinamis, dan progresif sesuai dengan tema yang diusung.

Topik Menarik