Kisah Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Ganda Campuran Dunia Nomor 1 yang Makin Ganas Usai CLBK

Kisah Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Ganda Campuran Dunia Nomor 1 yang Makin Ganas Usai CLBK

Berita Utama | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 04:05
share

KISAH Zheng Siwei/Huang Yaqiong menarik untuk diulas. Sebab, pasangan ganda campuran nomor 1 dunia asal China ini menjadi semakin ganas usai CLBK.

China saat ini memang merajai semua sektor bulutangkis. Namun di antara semuanya, ganda campuran menjadi sektor yang paling tidak tergoyahkan. Sebab, di posisi puncak, ada pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang kukuh menduduki ranking 1 BWF.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Zheng Siwei dan Huang Yaqiong pertama kali dipasangkan pada November 2017. Dengan cepat, mereka langsung merangsek naik hingga menjadi ganda campuran nomor 1 ranking BWF hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Tepatnya, mereka menduduki posisi teratas tangga bulutangkis dunia di pekan ke-32 tahun 2018. Hal itu didapat setelah Zheng Siwei/Huang Yaqiong meraih sejumlah gelar pada periode 2017-2018 sejak dipasangkan termasuk Asian Games 2018.

Meski begitu, perjalanan keduanya bukanlah tanpa lika-liku. Sebab pada 2022, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong sempat dipecah untuk dua ajang, yakni German Open 2022 dan Korea Masters 2022.

Pada saat itu, Zheng Siwei dipasangkan dengan pebulutangkis muda, Zhang Shu Xian. Di sisi lain, Huang Yaqiong dipasangkan dengan Ou Xuan Yi.

Meski dengan tandem barunya performa mereka tidak terlalu buruk. Namun, hasil yang didapatkan tetap tidak memuaskan. Meski begitu baik Siwei maupun Yaqiong, keduanya jadi paham apa kelebihan dan kekurangan diri mereka sendiri.

Pada April 2022, keduanya kembali disatukan. Berkat pengalaman bermain dengan pasangan baru, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong menjadi pasangan yang jauh lebih padu. Hasilnya, lima turnamen pun berhasil mereka sapu bersih.

Topik Menarik