Prof Eddy Hiariej, Putra Maluku Yang Jadi Wamen Hukum Lagi di Kabinet Merah Putih

Prof Eddy Hiariej, Putra Maluku Yang Jadi Wamen Hukum Lagi di Kabinet Merah Putih

Berita Utama | ambon.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 04:10
share

AMBON, iNewsAmbon.id - Prof Dr Edward Omar Sharif Hiariej SH M.Hum guru besar hukum pidana Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM), kembali dipercaya menjabat Wakil Menteri (Wamen) Bidang Hukum di kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto, Senin (21/10/2024).

Putra Maluku yang lahir di Ambon pada 10 April 1973 ini, sebelumnya juga sempat jadi Wamen Hukum HAM kabinet Indonesia Maju di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2020 - hingga Desember 2023. 

Namun Prof Eddy Hiariej, sapaan akrabnya, sempat terkait masalah hukum yaitu dugaan tindak pidana korupsi (suap dan gratifikasi) oleh KPK, sehingga membuatnya undur diri dari posisi Wamen. 

Tetapi status tersangkanya dibatalkan setelah menang pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan dicabut status tersebut.

Eddy Hiariej diketahui lahir dan menghabiskan masa remajanya di Kota Ambon. Ia bersama keluarganya tinggal di kawasan Manggadua serta menamatkan pendidikan di SMP Negeri 3 Ambon dan lanjut ke SMA Negeri 1 Ambon .

Beliau kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Diangkat sebagai dosen Fakultas Hukum UGM (mulai tahun 1999), kemudian Asisten Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UGM (tahun 2002-2007) serta Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum UGM (2017 z 2023).

 

Eddy Hiariej meraih gelar tertinggi di bidang akademis dalam usia yang terbilang masih muda yaitu pada usia 37 tahun dari Fakultas Hukum UGM.

Sejak penghujung 1990 an banyak tulisannya tentang masalah hukum diekspos di berbagai media massa nasional. Juga karyanya beberapa dipublish dalam bentuk buku teori-teori hukum.

Sementara itu, di kabinet Merah Putih nya Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka ini, juga masih terdapat menteri dan selevelnya yang juga lahir di Ambon Maluku dari kabinet Indonesia Maju nya Presiden Jokowi.

Keduanya yaitu Bahlili Lahadalia (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) yang lahir di Banda Naira, Maluku Tengah dan pernah bersekolah di Seram Bagian Timur.

Kemudian juga masih ada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang lahir di kompleks TNI AU Pattimura, Negeti Laha, Kota Ambon. 

Topik Menarik