Uskup Jayapura: Pilih Pemimpin yang Baik, Hindari Konflik di Pilkada

Uskup Jayapura: Pilih Pemimpin yang Baik, Hindari Konflik di Pilkada

Berita Utama | jayapura.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 21:45
share

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You, memberikan sambutan tegas saat menghadiri pentabisan gedung Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi di Musatfak, Kabupaten Jayawijaya, pada Jumat (11/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut, beliau mengingatkan umat Katolik untuk menjaga persatuan dan menghindari keterlibatan dalam politik praktis, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Kepada umat semua sudah tahu bahwa sekarang sudah masuk pilkada, kemarin saya lihat sudah mulai kampanye-kampanye, pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati,” ucap Uskup Yanuarius di hadapan umat yang hadir.

Lebih lanjut, Uskup Yanuarius menegaskan bahwa para pemimpin gereja, termasuk uskup, pastor, dan diakon, dilarang untuk terlibat dalam politik praktis.

“Jadi jangan tanya pastor atau bapak uskup kami pilih siapa, jangan tanya karena kami dilarang supaya kami jaga umat tidak boleh pecah, jaga persatuan kesatuan,” tegasnya.

Beliau juga mengingatkan umat bahwa pilihan politik adalah hak setiap individu, sehingga setiap orang bebas memilih sesuai dengan pengetahuan dan hati nurani mereka.

“Pilih siapa itu umat punya hak, silakan kalian pilih karena kalian sudah tahu dan kenal. Jangan salah pilih untuk lima tahun ke depan, pilihlah pemimpin yang baik supaya bisa memimpin lima tahun ke depan lagi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Uskup Yanuarius menyampaikan harapannya agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye hingga pemilihan nanti.

“Saya harap supaya jangan sampai di antara umat berkelahi atau baku bunuh atau keadaan tidak aman, jadi kita harap keadaan tetap aman,” pesan Uskup Yanuarius dengan penuh harap.

Pentabisan gedung gereja baru ini juga dihadiri oleh Penjabat Bupati Jayawijaya, Thony M. Mayor, yang turut memberikan dukungan dalam menjaga kerukunan dan persatuan masyarakat menjelang Pilkada.

Topik Menarik