MotoGP Mandalika 2024: Maverick Vinales Bicara Pentingnya Performa Optimal Mesin di Tengah Cuaca Panas

MotoGP Mandalika 2024: Maverick Vinales Bicara Pentingnya Performa Optimal Mesin di Tengah Cuaca Panas

Berita Utama | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 03:30
share

JAKARTA Maverick Vinales sadar cuaca panas menjadi tantangan di MotoGP Mandalika 2024 . Pembalap tim Aprilia Racing itu meyakini kinerja seluruh aspek dari motor, terutama mesin, sangat penting di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Oli memiliki fungsi yang sangat penting bagi mesin. Komponen tersebut punya tugas untuk melumasi, menjaga suhu, sekaligus melindungi mesin dari keausan dan kerusakan pada mesin akibat gesekan yang terjadi.

Peran oli semakin vital dalam kondisi ekstrem seperti ajang balap MotoGP seperti di Mandalika. Menurut Vinales mengatakan, oli yang baik dapat meningkatkan performa mesin, efisiensi, dan juga keandalan motor di sirkuit.

Dalam acara launching oli motor terbaru dengan spesifikasi API SP dan API SN yang digelar Castrol, Vinales mengungkapkan terdapat perbedaan signifikan dalam performa mesin ketika motor menggunakan oli berkualitas. Dengan begitu, ia dan Aleix Espargaro bisa mendorong motor lebih keras lagi.

"Oli Castrol dengan performa tinggi telah meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keandalan motor kami dari musim ke musim, terutama dalam kondisi menantang yang kami hadapi di lintasan," kata Vinales dikutip Jumat (27/9/2024).

"Kami telah melihat perbedaan yang signifikan dalam performa mesin, yang memungkinkan kami untuk mendorong lebih keras di setiap balapan," tambah pria asal Spanyol itu.

Hal senada juga diungkap Espargaro. Ia mengatakan oli dengan kualitas jempolan juga bisa memengaruhi performa balapan, lantaran pembalap bisa lebih fokus dan meminimalisir masalah teknis.

"Kami telah melihat peningkatan yang nyata dalam responsivitas mesin secara keseluruhan, akselerasi dan manajemen suhu yang lebih baik, yang memungkinkan kami untuk lebih fokus pada balapan dan meminimalisir masalah teknis," ujar pria yang juga asal Spanyol itu.

Topik Menarik