Karta Fest 2024 Tampilkan Teater Perjuangan yang Menggugah Semangat Nasionalisme

Karta Fest 2024 Tampilkan Teater Perjuangan yang Menggugah Semangat Nasionalisme

Berita Utama | pasuruan.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 04:10
share

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Salah satu rangkaian acara Karta Fest 2024 di Winongan sukses menarik perhatian dengan pementasan teater bertema Revolusi Kebangkitan. Pertunjukan ini menjadi momen refleksi yang menginspirasi, mengangkat kisah perjuangan dan kebangkitan sebagai cerminan semangat Sumpah Pemuda. 

Dalam pertunjukan yang berlangsung pada Minggu (27/10/2024) malam di halaman BUMDes Desa Gading, para pemain teater menampilkan alur cerita yang menggugah, membawa penonton pada suasana perjuangan masa lalu yang dipadukan dengan pesan-pesan untuk generasi muda masa kini. 

Antusiasme warga terlihat jelas, dengan penonton yang memenuhi area pementasan untuk menyaksikan teater bertema kebangsaan ini.

Salah satu pengunjung, Andi, mengungkapkan kekagumannya terhadap pementasan tersebut. “Pertunjukan ini sangat mengesankan, seperti mengajak kami merasakan perjuangan para pahlawan di masa lalu,” ujarnya.

Fahad Afan, Ketua Bidang Kesenian Karang Taruna Kecamatan Winongan, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah pertama kalinya digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Alhamdulillah, acara Karta Fest 2024 ini disambut antusias oleh warga. Kemarin Pj Bupati juga turut mengapresiasi kegiatan ini,” ucap Fahad.

Fahad menambahkan, teater bertema perjuangan ini sengaja ditampilkan di puncak acara, karena tepat pada malam Hari Sumpah Pemuda, 28 November, untuk menanamkan nilai nasionalisme pada generasi muda. 

“Kami berharap melalui kegiatan ini, semangat pemuda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif semakin kuat,” ujarnya.

Diketahui, Karta Fest 2024 berlangsung selama dua hari, menghadirkan beragam rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat. Acara dimulai dengan lomba mewarnai untuk anak-anak, bazar UMKM, cek kesehatan gratis, hingga pertunjukan seni tradisional yang memikat.

Hari kedua dimeriahkan dengan senam bersama, pembagian doorprize, dan panggung hiburan yang menampilkan artis lokal. Selain itu, pementasan teater perjuangan menjadi puncak acara yang diadakan tepat pada malam Hari Sumpah Pemuda, diakhiri dengan ikrar Sumpah Pemuda oleh pemuda Karang Taruna Kecamatan Winongan.

Topik Menarik