Penipu Ulung Berhasil Bujuk 50 Perempuan untuk Menikah, lalu Kabur Bawa Uang Korban

Penipu Ulung Berhasil Bujuk 50 Perempuan untuk Menikah, lalu Kabur Bawa Uang Korban

Berita Utama | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 12:45
share

NEW DELHI, iNews.id - Seorang pria India berhasil mencuri hati puluhan perempuan lewat internet hingga mengajak mereka menikahinya. Setelah meraih kepercayaan mereka, laki-laki itu menghilang begitu saja, membawa kabur uang para wanita yang telah termakan bujuk rayunya.

Dengan modus operandi tersebut, pelaku bernama Mukeem Khan itu telah memperdaya lebih dari 50 perempuan di seluruh India. Yang menarik, salah satu korbannya bahkan berprofesi sebagai hakim.

Khan, yang kini berumur 38 tahun, tercatat sebagai warga Kota Pratapgarh di Negara Bagian Uttar Pradesh. Dia ditangkap oleh Direktorat Kejahatan Kepolisian Delhi baru-baru ini karena memeras uang dari para wanita dengan berbagai cerita palsu.

NDTV pada Kamis (19/9/2024) melansir, Khan membuat banyak akun di situs perjodohan dengan identitas palsu. Dia kemudian menjebak para perempuan yang sedang mencari jodoh di situs itu dengan cerita-cerita bohongnya.

Kepada polisi, Khan mengaku dia biasanya menyasar para perempuan Muslimah yang berstatus belum menikah, janda yang ditinggal mati suami, dan janda cerai untuk dinikahi. Dia pun memperkenalkan dirinya sebagai pejabat pemerintah dan membujuk mereka dengan cerita palsu tentang istrinya yang telah meninggal dan dia tidak mampu mengurus putrinya.

Khan sendiri sudah menikah dan memiliki tiga orang anak. Dia biasanya membagikan foto-foto istri dan putrinya kepada para korbannya. Dia bahkan bertemu dengan keluarga korban dan menentukan tanggal pernikahan. Setelah mendapatkan kepercayaan mereka, dia akan meminta uang untuk memesan gedung pesta pernikahan atau biaya resepsi lainnya. Setelah mendapatkan uangnya, dia pun menghilang.

Saat diinterogasi polisi, Khan mengungkapkan bahwa dia telah menipu lebih dari 50 perempuan di seluruh negeri anak benua. Petualangannya dimulai pada 2020, tatkala pria itu membuat akun situs web perjodohan pertamanya. Itu terjadi enam tahun setelah pernikahan pertamanya.

Dari situ, dia menemukan target perdananya, yaitu seorang wanita yang telah bercerai di Kota Vadodara, Negara Bagian Gujarat. Janda tersebut memiliki seorang putri berusia lima tahun. Khan lalu melamar ibu satu anak itu. Perempuan itu pun setuju.

Sebelum meninggalkan Vadodara, Khan membuat cerita palsu bahwa dia telah kehilangan dompetnya. Dia pun mengambil 30.000 rupee (Rp5,4 juta) dari perempuan itu. Dia kembali dan mulai tinggal bersama wanita tersebut. Akan tetapi, ide mendapatkan uang dengan mudah lewat modus itu membuatnya ketagihan.

Pada 2023, dia menikahi perempuan lain, juga seorang janda, di Delhi dengan cerita palsu lainnya. Perbuatannya itu terus berlanjut di berbagai negara bagian India, di banyak kota.

Dari para korban, Khan menerima hadiah mahal seperti ponsel, perhiasan, dan bahkan sepeda motor. Dia kemudian menjual semuanya. Jika dia tidak berhasil membujuk korban untuk membelikan hadiah untuknya, Khan akan mengarang cerita palsu tentang kartu ATM-nya yang tidak berfungsi atau kekurangan uang.

Topik Menarik