Mengenal University Boxing League, Wadah Mahasiswa Salurkan Bakat Tinju

Mengenal University Boxing League, Wadah Mahasiswa Salurkan Bakat Tinju

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 12:36
share

Indonesia sebentar lagi akan memiliki kompetisi tinju antar universitas bertajuk University Boxing League. Ajang ini akan mulai digelar pada September mendatang sebagai wadah para mahasiswa Tanah Air untuk menyalurkan bakat tinju mereka.

Tinju merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia pada era 80-an hingga awal 2000-an. Akan tetapi, belakangan ini popularitasnya menurun karena minimnya figur di Tanah Air yang menggeluti dan berprestasi dalam olahraga tersebut.

Namun, baru-baru ini olahraga tinju kembali naik daun dan mulai populer di kalangan anak muda karena banyaknya event yang dihelat. Meski begitu, kebanyakan laga yang dipertandingkan didominasi oleh para artis dan selebritis Tanah Air.

Baca Juga: Anthony Joshua vs Daniel Dubois, Dillian Whyte: Pertarungan 50-50

Oleh karena itu, muncul gagasan untuk menggelar University Boxing League. Ajang tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa di Indonesia untuk menyalurkan hobi dan bakatnya pada olahraga tinju.

 

Sekretaris Pelaksana, Cedric Antonius mengatakan University Boxing League digelar atas kerja sama dengan promotor Blowout Creative. Ajang ini mengusung tema Clash Championship dan digelar pada 20 September 2024 di SCBD, Jakarta.

"University Boxing League ini adalah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan dan bakatnya di bidang tinju. Karena di masyarakat kita, olahraga tinju ini sedang populer, namun lebih ke showbiz," kata Cedric kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

"Nah, mahasiswa kebingungan agar bisa menyalurkan hobi, dan berawal dari situ, kami membuat UBL ini. Jadi kami memberikan wadah bagi mahasiswa di seluruh Indonesia," imbuhnya.

 

Untuk diketahui, University Boxing League akan mempertandingkan lima kelas yaitu flyweight, featherweight, welterweight, middleweight, dan light heavyweight. Nantinya, UBL akan menggelar roadshow tiap bulannya di seluruh kota-kota besar di Indonesia dan ajang tahunan di Asia Tenggara.

"Untuk volume pertama kami fokus di Jabodetabek dan Bandung. Jadi total ada 24 mahasiswa dari 18 universitas serta dua influencer," jelas Cedric.

"Harapannya ada event ini menambah semangat mahasiswa yang suka tinju, jadi karena kami bakal ada roadshow yang sudah didukung LPDUK Kemenpora. Nantinya juga akan digelar di Asia Tenggara," pungkasnya.

Ya, selain menggelar pertandingan antar mahasiswa, University Boxing League juga akan menghadirkan laga antar influencer yakni Gaga Muhammad kontra Raja ‘Big Heca’ dan Naufal Samudra versus Zulfikar. Cedric menyebut bahwa kehadiran influencer ini diharapkan bisa menambah daya tarik penonton untuk menyaksikan ajang tersebut.

Topik Menarik