3 Alasan Pangeran Harry Tak Disukai Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

3 Alasan Pangeran Harry Tak Disukai Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Berita Utama | sindonews | Minggu, 15 September 2024 - 07:20
share

Pangeran Harry adalah putra bungsu Raja Charles III dan Lady Diana. Ia berada di urutan kelima dalam garis suksesi takhta Kerajaan Inggris.

Terlepas dari statusnya itu, Harry sering terlibat ketegangan dan perseteruan dengan sejumlah anggota keluarga kerajaan. Keadaan semakin runyam ketika dirinya memutuskan mundur dari tugas kerajaan bersama Meghan Markle,sang istri.

Lalu, apa sebenarnya hal-hal yang membuat Pangeran Harry tidak disukai anggota keluarga kerajaan Inggris yang lain? Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Makanan Kesukaan Pangeran Harry, Salah Satunya Ayam Panggang

Alasan Pangeran Harry Tak Disukai Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

1. Harry Berhubungan Meghan Markle

Hubungan dengan Meghan Markle disebut-sebut sebagai salah satu alasan munculnya konflik antara Pangeran Harry dengan Kerajaan Inggris. Sebagaimana diketahui, keduanya kedapatan mulai berkencan selama musim panas 2016.

Mengutip US Magazine, hubungan Harry dan Meghan itu seakan mendapat penolakan dari keluarga kerajaan. Pada Desember 2016, muncul laporan bahwa istana tidak senang ketika Meghan mengenakan kalung berinisial ‘H’ saat keluar rumah karena dianggap bisa memunculkan gosip berlebihan.

Lalu, kondisi kembali runyam ketika Harry memperkenalkan Meghan kepada William dan Kate pada Januari 2017. Waktu itu, William menyebut Harry bertindak terlalu cepat.

Menurutnya, Harry setidaknya harus meluangkan waktu lebih banyak untuk mengenal Meghan. Di tengah anggapan bahwa nasihat William itu rasional, hal ini justru membuat Harry kesal.

Setelah pertunangan, muncul laporan adanya perselisihan antara Meghan dan Kate. Beberapa di antaranya menyebut akar masalahnya karena perdebatan seputar pakaian Putri Charlotte untuk acara pernikahan. Terlepas dari rentetan masalah lain yang muncul, Harry dan Meghan resmi menikah pada Mei 2018. Akan tetapi, konflik masih berlanjut, terlebih setelah media Inggris menyebut Meghan tidak mampu menyesuaikan diri dengan keluarga kerajaan.

2. Harry Memilih Keluar dari Kerajaan

Selama ini, Pangeran Harry selalu memihak istrinya itu dalam berbagai persoalan yang muncul, termasuk dengan keluarga kerajaan. Ketegangan semakin menjadi ketika Harry memutuskan keluar dan mengundurkan diri sebagai bangsawan senior kerajaan.

Momen ini terjadi pada awal 2020. Harry dan Meghan memutuskan meninggalkan kerajaan. Beberapa laporan menyebut alasan pengunduran diri ini karena keduanya marah dengan gangguan media serta frustrasi akibat Istana Buckingham menghentikan mereka dalam mengembangkan merek "SussexRoyal".

Beberapa waktu berselang, Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, tidak akan kembali ke tugas kerajaan. Keputusan ini menandai perpisahan pasangan itu secara formal dan final dari keluarga kerajaan Inggris.

Setelah itu, Harry dan istrinya pindah menuju California. Mereka memulai hidup baru bersama keluarga kecil sambil membangun bisnis.

Baca Juga: Berseteru dengan Raja Charles dan William, Pangeran Harry Diam-diam Tetap Jalin Kontak dengan Keluarga Ibunya

3. Harry Sering Menjelek-jelekkan Anggota Kerajaan

Setelah meninggalkan keluarga kerajaan, Pangeran Harry masih terus bersitegang dengan Istana Buckingham. Express UK melaporkan ketika Harry membuka kesempatan berdamai, Raja Charles dan Pangeran William tampaknya menolak usulan tersebut.

Hal ini lantaran setelah Harry dan Meghan pergi, keduanya masih sering melontarkan serangkaian tuduhan terhadap Kerajaan. Hal ini bisa dilihat dalam serial dokumenter Netflix mereka, memoar Harry yang berjudul Spare, serta wawancara TV.

Mantan koresponden kerajaan Jennie Bond mengatakan kepada Times Radio bahwa jalan buntu perdamaian itu tampaknya tidak berasal dari Harry. Sebaliknya, pihak kerajaan yang disebut sudah lelah dengan pertikaian itu memilih membiarkan keadaan seperti sekarang saja.

"Tetapi Charles dan William tampaknya menolak rekonsiliasi pada titik ini. Jadi menurut saya yang pertama adalah salah satu, kemudian yang lain," ungkap Jennie Bond, dikutip Sabtu (14/9/2024).

Itulah sejumlah alasan yang mungkin menjadikan Pangeran Harry tak disukai anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya.

Topik Menarik