James Earl Jones, Aktor Pengisi Suara Darth Vader di Star Wars Meninggal di Usia 93 Tahun

James Earl Jones, Aktor Pengisi Suara Darth Vader di Star Wars Meninggal di Usia 93 Tahun

Berita Utama | inews | Selasa, 10 September 2024 - 08:45
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Aktor Amerika Serikat, James Earl Jones, meninggal dunia pada usia 93 tahun. Dia terkenal karena suara baritonnya yang khas sebagai pengisi suara tokoh bandit di film waralaba Star Wars, Darth Vader.

Laman Variety melansir, Jones meninggal Senin (9/9/2024) pagi waktu AS di rumahnya di Dutchess County, New York. Di masa kecilnya, Jones pernah punya masalah kegagapan parah. Namun dia berhasil mengatasi gangguan wicara itu dan menjadi seorang aktor besar.

Media AS menyebutkan, Jones sudah lama mengidap diabetes. Akan tetapi, penyebab pasti kematiannya belum diumumkan.

Jones membuktikan dirinya sebagai salah satu pelopor aktor kulit hitam di generasinya. Kariernya yang melimpah dan serbabisa selama lebih dari 60 tahun, sejak debutnya di Broadway pada 1958 di Cort Theateryang berganti nama menjadi James Earl Jones Theater pada 2022hingga penampilan terbarunya dalam Coming 2 America pada 2021.

Selain dikenal karena mengisi suara Darth Vader, Jones juga mengambil peran sebagai pengisi suara Mufasa sang raja hutan dalam film animasi Disney "The Lion King" pada 1994, berlanjut pada sekuel 1998 dan pembuatan ulang filmya 2019.

Di antara lebih dari 80 kredit filmnya, film-film terkenal Jones lainnya termasuk sebagai pembom B-52 dalam satir Perang Dingin pada 1964 karya Stanley Kubrick "Dr. Strangelove" (debut film fiturnya), sebagai presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat dalam "The Man" pada 1972, dan sebagai penjahat yang menakutkan dalam "Conan the Barbarian" 1982.

Jones dinominasikan untuk empat Tony Awards, dan memenangkan dua di antaranya pada 1969 untuk perannya sebagai petinju Jack Johnson dalam "The Great White Hope", dan; pada 1987 untuk peran aslinya sebagai Troy Maxson dalam drama pemenang Penghargaan Pulitzer karya August Wilson "Fences."

Dia juga dinominasikan untuk delapan penghargaan primetime Emmy, yang dimenangkannya dua kali pada 1991, untuk aktor pendukung dalam miniseri "Heat Wave," tentang kerusuhan Watts 1965, dan; untuk aktor utama dalam serial drama "Gabriel's Fire," tentang mantan polisi yang dipenjara secara salah yang menjadi detektif swasta. Itu adalah pertama kalinya dalam sejarah seorang aktor memenangkan dua Emmy dalam tahun yang sama.

Topik Menarik