Operasi Skoliosis Membuat Tubuh Makin Kurus dan Tinggi? Ini Faktanya

Operasi Skoliosis Membuat Tubuh Makin Kurus dan Tinggi? Ini Faktanya

Berita Utama | okezone | Sabtu, 7 September 2024 - 06:40
share

BEBY Tsabina baru-baru ini mengungkapkan bahwa tubuhnya memang cenderung kurus pasca melakukan operasi skoliosis. Hal tersebut diungkapkan sang artis lewat unggahan di story Instagramnya baru-baru ini.

Beby menyebut, usai operasi, tinggi badannya justru bertambah lima centimeter sehingga membuat penampilannya tampak lebih kurus. Lantas, benarkan operasi skoliosis membuat seseorang bisa bertambah menjadi lebih kurus dan tinggi? Berikut ulasannya.

Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan kelengkungan abnormal pada punggung menyerupai bentuk huruf S atau C. Meski lebih sering terjadi pada anak-anak, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini juga dialami oleh orang dewasa.

Umumnya, skoliosis dimulai dengan keluhan ringan, namun bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan dengan segera untuk mencegah terjadinya kerusakan sendi dan saraf tulang belakang yang dapat mengakibatkan nyeri berkepanjangan.

Berdasarkan penelitian, pada penderita skoliosis memang sering ditemukan berat tubuh yang rendah, dimana biasanya kondisi ini disebabkan karena masa otot skelet yang rendah serta lemak tubuh yang rendah.

Pada penderita skoliosis, terutama yang bersifat idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) sering ditemukan adanya peningkatan kadar leptin tubuh, dimana hormon leptin ini akan meningkatkan pemecahan lemak tubuh sehingga masa lemak tubuh akan berkurang.

Pada penderita skoliosis juga sering ditemukan postur badan yang pendek dibandingkan usia sebaya, dikarenakan postur tulang belakang yang tidak tegak. Nantinya setelah proses koreksi tulang belakang didapatkan tinggi badan yang mendekati normal (sesuai dengan potensi tinggi badan seseorang).

Jadi selama kejadian skoliosis tulang akan tetap tumbuh, namun perawakan atap tetap terlihat pendek dikarenakan posisi tulang belakang yang bengkok.

Topik Menarik