5 Negara dengan Masjid Paling Banyak, Nomor 1 Indonesia

5 Negara dengan Masjid Paling Banyak, Nomor 1 Indonesia

Berita Utama | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 16:06
share

JAKARTA, iNews.id - Negara dengan masjid paling banyak perlu diketahui oleh banyak orang. Masjid memiliki peran penting dalam persebaran agama Islam di penjuru muka bumi.

Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid juga berperan dalam berbagai kegiatan keislaman, sosial, dan budaya bagi masyarakat. Maka tak heran, jika kita dapat dengan mudah menemukan masjid di berbagai tempat.

Lantas, mana saja negara dengan masjid paling banyak? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2024).

Negara dengan masjid paling banyak perlu diketahui oleh banyak orang. Masjid memiliki peran penting dalam persebaran agama Islam di penjuru muka bumi.

Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid juga berperan dalam berbagai kegiatan keislaman, sosial, dan budaya bagi masyarakat. Maka tak heran, jika kita dapat dengan mudah

1. Indonesia

Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia. Melihat hal itu tak heran jika Negara Kepulauan ini menempati peringkat teratas dalam jumlah masjid, yakni 800.000.

Masjid Istiqlal jadi salah satu masjid terbesar dan paling ikonik di Indonesia. Masjid yang berlokasi di Jakarta ini merupakan lambang kemerdekaan dan persatuan Indonesia.

Selain Masjid Istiqlal, Masjid Baiturrahman di Aceh juga jadi salah satu masjid populer di Indonesia. Masjid yang berlokasi di Nangroe Aceh Darussalam ini jadi simbol perlawanan masyarakat Tanah Rencon terhadap para penjajah.

2. Pakistan

Di tempat kedua dalam daftar ini ada Pakistan. Negara yang bersebelahan dengan India ini diperkirakan memiliki 110.000 masjid. Negara yang mayoritas penduduknya Muslim ini menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

3. India

Meski penduduknya mayoritas menganut agama Hindu, siapa sangka jika India jadi negara ketiga dengan jumlah masjid terbanyak dengan 300.000 hingga 400.000.

4. Bangladesh

Masih dari wilayah Asia Selatan, kali ini ada negara Bangladesh. Negara dengan beribu kota Dhaka ini juga dikenal sebagai negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak.

Menurut catatan, Bangladesh diperkirakan memiliki 300.000 hingga 350.000 masjid. Dengan jumlah tersebut negara ini menempati peringkat keempat dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

5. Turki

Masjid-masjid di negara Turki kerap dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para pelancong dari penjuru dunia. Hagia Sophia jadi salah satu masjid yang memiliki bangunan ikonik di Ibu Kota Istanbul.

Haghia Sophia memiliki arsitektur dari perpaduan gaya Byzantium dan Islam yang unik. Di masjid ini terdapat kubah yang menjulang tinggi dengan ornamen-ornamen indah yang menghiasi dinding-dinding.

Demikian ulasan mengenai negara dengan masjid paling banyak. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik