Sutiyoso : Pilgub Jakarta Selalu Seksi, yang di Jawa Barat Pun Pindah ke Sini

Sutiyoso : Pilgub Jakarta Selalu Seksi, yang di Jawa Barat Pun Pindah ke Sini

Berita Utama | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 17:07
share

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 Sutiyoso menilai Pilgub Jakarta 2024 seksi. Sampai-sampai tokoh dari Jawa Barat pun rela pindah ke Jakarta untuk berkontestasi.

"Karena itu pemilihan Jakarta, ya untuk gubernur itu selalu seksi gitu kan. Yang di Jawa Barat yang sudah boleh dikatakan di tangan pun, pindah ke sini karena memang seksi disini. Itu wajar saja," tutur Sutiyoso usai menjamu paslon Pramono-Rano di kediamannya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (5/9/2024).

Sutiyoso pun tak menyebut detil sosok dari Jawa Barat yang berlaga di Pilgub Jakarta. Namun, diketahui Ridwan Kamil (RK) yang merupakan mantan gubernur Jawa Barat akan jadi lawan Pramono-Rano di Pilkada Jakarta 2024.

Terlepas dari itu, pria yang akrab disapa Bang Yos ini berkata, Jakarta merupakan wilayah miniatur Indonesia. Menurutnya, beragam etnis, agama, hingga berbagai macam kelas sosial masyarakat ada di Jakarta.

"Nah kondisi itu adalah kondisi yang sangat rawan apabila pemimpinnya tidak bisa menyatukan. Ini saya wanti-wanti, karena kalau terjadi konflik horizontal, apalagi yang nuansanya sara, itu menjadi runyam nama kita," tutur Bang Yos.

Pasalnya, kata dia, Jakarta merupakan barometer Indonesia meskipun, pusat pemerintahan bakal dipindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, Jakarta akan getap menarik dari sisi manapun.

"Yang pertama itu ya, disini juga pusat, dari semua pusat, ya partai politik ada semua sini. Kalau di daerah lain kan nggak ada DPR RI, nggak ada, semua disini, disini LSM, media juga disini," ucap Bang Yos.

"Karena itu saya pesenkan jadilah gubernur kalau terpilih nanti yang luwes. Bisa bergaul dengan semuanya dan bisa mempersatukan keragaman tadi. Itu hal yang sangat penting sekali," terang Bang Yos.

Topik Menarik