Jelang Kunjungan Paus Fransiskus, Papua Nugini Diguncang Gempa Magnitudo 6,2

Jelang Kunjungan Paus Fransiskus, Papua Nugini Diguncang Gempa Magnitudo 6,2

Berita Utama | inews | Kamis, 5 September 2024 - 16:00
share

PORT MORESBY, iNews.id – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Papua Nugini pada Kamis (5/9/2024). Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa terjadi di lepas pantai utara negara tetangga Indonesia itu.

Peta USGS menunjukkan, pusat gempa berada di sebidang laut sekitar 300 km di timur Kota Vanimo, yang sedang bersiap menyambut Paus Fransiskus pada akhir pekan ini. Seorang fotografer yang berkantor di Provinsi Wewak mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada kerusakan besar yang dilaporkan sesaat setelah gempa terjadi.

Gempa bumi sering terjadi di Papua Nugini. Negara itu terletak di kawasan “Cincin Api” seismik—yakni busur aktivitas tektonik hebat yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. Meskipun jarang menimbulkan kerusakan yang meluas di negeri yang jarang penduduknya itu, gempa bumi dapat memicu tanah longsor yang merusak di Papua Nugini.

Paus Fransiskus melakukan rangkaian kunjungan bersejarah selama 12 hari ke empat negara di kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Pemimpin tertinggi Agama Katolik itu kini berada di Indonesia dan akan memimpin misa kudus di Jakarta pada petang ini.

Pada Jumat (6/9/2024) besok, Paus Fransiskus bertolak menuju Papua Nugini yang mayoritas penduduknya beragama Nasrani untuk lawatan selama tiga malam. Dia akan singgah sebentar di Vanimo, kota pesisir terpencil dekat perbatasan Papua Nugini dengan Indonesia.

Topik Menarik