Ikan Paus Beluga 'Mata-Mata Putin' Ditemukan Mati di Norwegia, Ditembak?

Ikan Paus Beluga 'Mata-Mata Putin' Ditemukan Mati di Norwegia, Ditembak?

Berita Utama | inews | Kamis, 5 September 2024 - 11:59
share

OSLO, iNews.id - Ikan paus Beluga yang dijuluki mata-mata Vladimir Putin ditemukan mati di perairan Norwegia pada akhir pekan lalu. Para pecinta satwa menyebut ikan itu mati karena ditembak.

Paus beluga yang dijuluki Hvaldimir itu menjadi terkenal sejak 2019 setelah ditemukan dalam kondisi dipasangi kamera. Temuan itu memicu spekulasi bahwa ikan eksotis tersebut telah dilatih oleh militer Rusia untuk menjadi mata-mata.

Dua kelompok pembela hak asasi satwa Norwegia, OneWhale and NOAH, menyebut Hvaldimir ditembak mati. Mereka menyerukan penyelidikan kriminal berdasarkan bukti kuat bahwa ditemukan luka tembak pada tubuhnya. 

Dalam posting-an di Instagram, OneWhale, organisasi nirlaba yang berkomitmen melindungi Hvaldimir, menjelsakan beberapa dokter hewan, ahli biologi, hingga pakar balistik memeriksa luka pada Hvaldimir. Mereka sepakat kematian paus tersebut hasil dari tindakan kriminal.

OneWhale juga mengunggah foto seperti lubang dan bercak darah pada bangkai paus. Organisasi itu lalu mengajukan laporan ke Kepolisian Distrik Sandnes serta Otoritas Nasional Norwegia untuk Penyelidikan dan Penuntutan Kejahatan Ekonomi dan Lingkungan.

Kepolisian Distrik Barat Daya Norwegia mengonfirmasi telah menerima laporan untuk menyelidiki kematian Hvaldimir. Namun mereka belum memutuskan apakah akan menyelidikinya atau tidak.

"Saya rasa kami belum pernah menangani kasus seperti ini," kata Kepala Polisi Distrik Barat Daya, Victor Fenne-Jensen, seraya menyebut Hvaldimir sudah seperti selebriti, kepada CNN.

Namun, Marine Mind, lembaga nirlaba lain yang mengadvokasi perlindungan satwa laut, mendesak masyarakat untuk menahan diri dari berspekulasi sampai Institut Kedokteran Hewan Norwegia menyelesaikan hasil penyelidikannya. Marine Mind yang menemukan bangkai Hvaldimir pada akhir pekan lalu di teluk.

"Ketika kami menemukan Hvaldimir pada Sabtu, penyebab kematiannya belum bisa dipastikan, oleh karena itu penting untuk tidak berspekulasi sampai lembaga tersebut menyelesaikan tugasnya," bunyi pernyataan Marine Mind di Facebook.

Bangkai Hvaldimir ditemukan mengambang di Teluk Risavika pada Sabtu oleh pasangan ayah dan anak yang sedang memancing. Mereka lalu melaporkannya ke Marine Mind.

OneWhale dan NOAH telah berencana untuk memindahkan Hvaldimir ke habitat aslinya di Norergia utara sebelum dibunuh. Mereka juga telah mendapat izin dari Direktorat Perikanan Norwegia. 

Nama Hvaldimir merupakan akronim dari dua kata. Hval berarti paus dalam bahasa Norwegia, sedangkan 'dimir' diambil dari nama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Topik Menarik