Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi Dongkrak Kunjungan Wisnus ke Desa Wisata

Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi Dongkrak Kunjungan Wisnus ke Desa Wisata

Berita Utama | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 00:30
share

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) menjalin kolaborasi dengan dan PT Atourin Teknologi Nusantara (Atourin), perusahaan teknologi sektor pariwisata dalam upaya meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus), khususnya ke desa wisata .

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono menjelaskan, kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan kepada program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan target sebanyak 1,25-1,5 miliar perjalanan wisatawan nusantara pada 2024.

"Kolaborasi ini juga dalam rangka meningkatkan penjualan paket wisata desa wisata dan optimalisasi pemasaran desa wisata secara digital," ujar Dwi dalam keterangan tertulis, Minggu (1/9/2024).

Dalam kerja sama ini kedua pihak melakukan beberapa kegiatan aktivitas pemasaran, antara lain melalui kegiatan Perjalanan Wisata Pengenalan (Famtrip) di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Borobudur, dan promosi paket wisata desa melalui program 'Ayo ke Desa' .

Kegiatan famtrip telah dilakukan di kawasan DPSP Borobudur pada tanggal 27-29 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti peserta yang terdiri dari content creator, media, tour operator, dan travel agent.

Dalam kegiatan ini peserta melakukan aktivitas wisata di desa wisata di sekitar kawasan Borobudur, yang merupakan bagian dari Borobudur Trail of Civilization (BToC). Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan sinergi seluruh stakeholder dalam pengembangan dan pemasaran DPSP Borobudur.

"Kolaborasi ini juga untuk mendukung program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) untuk meningkatkan pemasaran desa wisata secara digital, sehingga dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan penjualan paket wisata desa wisata," tuturnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Atourin, Benarivo Triadi Putra menjelaskan, program ini bertujuan mengajak wisatawan bepergian ke desa wisata dan dapat menopang perekonomian desa.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke destinasi wisata di Indonesia, khususnya ke desa wisata serta berkontribusi pada peningkatan perekonomian nasional dari sektor pariwisata dan ekonom kreatif," kata Triadi.

Topik Menarik