Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Disulap Jadi Pupuk Organik <i>Loh</i>

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Disulap Jadi Pupuk Organik Loh

Berita Utama | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 00:30
share

JAKARTA - Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia yang dikonsumsi setiap hari. Siapa sangka ampas kopi yang sering dianggap sebagai limbah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang sangat berguna?

"Dari pada jadi sampah mending diolah jadi pupuk organik, yang ternyata kaya akan nutrisi penting dan sangat bermanfaat bagi tanaman," tulis akun Instagram Kementerian Pertanian pada Minggu (1/9/2024).

Pemanfaatan ampas kopi dalam pertanian bukanlah hal baru. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia, sudah lama berdiri tempat pengolahan ampas kopi. Salah satu contohnya adalah program "Ground to Ground" yang berada di Texas, Amerika Serikat.

Ampas kopi dapat diolah menjadi dua jenis pupuk, yaitu:

1. Pupuk Padat: Campurkan dua gelas ampas kopi dengan satu liter air, saring, lalu jemur untuk mengurangi kadar gula. Ampas kopi yang masih mengandung gula bisa mengundang semut, jadi pastikan kering sebelum ditaburkan ke tanaman.

2. Pupuk Cair: Setelah disaring, ampas tidak dikeringkan tetapi langsung dimasukkan ke botol dan ditambahkan satu tutup botol pupuk organik cair (POC) untuk membantu fermentasi. Diamkan selama satu minggu sebelum digunakan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu tutup botol POC kopi dengan satu liter air, lalu disiramkan atau disemprotkan ke batang dan daun tanaman.

Topik Menarik