Airin Nekat Maju Pilgub Banten Tanpa Rekomendasi Golkar, Gandeng Ade Sumardi dari PDIP

Airin Nekat Maju Pilgub Banten Tanpa Rekomendasi Golkar, Gandeng Ade Sumardi dari PDIP

Berita Utama | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:37
share

TANGERANG, iNews.id – Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan  mendeklarasikan pencalonannya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Airin menggandeng Ade Sumardi dari PDI-Perjuangan sebagai calon wakil gubernur.

Pencalonan itu dipastikan tanpa rekomendasi dari partainya, Golkar.

Keputusan Airin untuk maju tanpa restu dari DPP Golkar disampaikan oleh Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, usai menghadiri deklarasi bersama PDI-P di ICE BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (25/08/2024).

"DPP tidak memberikan surat rekomendasi kepada Ibu Airin, meskipun begitu, kita akan lihat bagaimana situasi di bawah nanti," ujar Ratu Tatu. 

Dia menambahkan dirinya bersama Airin telah menghadap Ketua Umum Golkar, Bahlil Lahadalia, pada malam sebelumnya.

Menurut Ratu Tatu, Ketua Umum Bahlil menyatakan dengan berat hati bahwa rekomendasi untuk Airin tidak bisa diberikan. 

"Pak Ketua Umum menyampaikan ini demi keselamatan Partai Golkar. Kami sebagai kader harus memahami dan menghormati keputusan tersebut," ujarnya.

Meski tidak mendapatkan rekomendasi dari Golkar, Ratu Tatu mengungkapkan pencalonan Airin bersama PDI-P telah mendapatkan izin dari Ketua Umum. "PDIP mengajak Bu Airin untuk ikut dalam perhelatan Pilkada ini, dan Pak Ketua Umum memberikan izin," katanya.

Keputusan Airin untuk maju dalam Pilgub Banten bersama Ade Sumardi dari PDI-P disebut sebagai hak politik pribadi.

"Pak Ketua Umum sadar betul bahwa ini adalah hak politik Bu Airin. DPP Golkar tidak bisa melarang keputusan ini," ujar Ratu Tatu.

Topik Menarik