Tolak Revisi UU Pilkada, Ribuan Orang Demo di Depan DPRD Yogya

Tolak Revisi UU Pilkada, Ribuan Orang Demo di Depan DPRD Yogya

Berita Utama | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:03
share

YOGYAKARTA - Ribuan orang dari sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi demontrasi di ruas Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung DPRD Yogyakarta, Kamis (22/08/2024). Mereka berdemo untuk menolak revisi UU Pilkada .

Pantauan Okezone di lapangan, massa datang mengenakan pakaian serba hitam, tak sedikit dari mereka juga membawa tulisan-tulisan bernada kritik terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Satu di antaranya membawa tulisan '281 juta jiwa dikalahkan 1 keluarga. Bergerak atau punah'. Selain tu, banyak spanduk bernada kritik lainnya.

Aksi demontrasi yang dilakukan kali ini bukan hanya diikuti kalangan mahasiswa, mereka yang datang juga berasal dari kelompok masyarakat, petani, buruh dan pedagang. Selain itu, ada beberapa akademisi dari sejumlah perguruan tinggi negeri di Yogyakarta juga tampak terlihat.

Diketahui DPR RI menganulir putusan MK soal Pilkada. Mereka melakukan revisi UU Pilkada yang rencananya disahkan pada hari ini.

Namun, pengesahan dibatalkan karena anggota DPR peserta rapat paripurna yang hadir tidak kuorom. Sehingga tidak bisa diambil keputusan.


Topik Menarik