Anak Tamara Tyasmara Dipastikan Meninggal Dunia karena Tenggelam

Anak Tamara Tyasmara Dipastikan Meninggal Dunia karena Tenggelam

Berita Utama | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 06:10
share

JAKARTA - Saksi ahli forensik dari Rumah Sakit Polri, Farah Primadani, menegaskan jika Raden Andante Khalif Pramudityo alias Dante, meninggal dunia bukan karena tindak kekerasan. Dalam sidang Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin, 19 Agustus 2024, Farah menegaskan bahwa anak Tamara Tyasmara itumeninggal dunia lantaran tenggelam.

Keterangan yang disampaikan Farah di hadapan majelis hakim, disinyalir untuk mempertegas penyebab kematian bocah enam tahun tersebut.

Farah sendiri merupakan salah satu tim forensik Rumah Sakit Polri yang melakukan ekshumasi dan autopsi setelah jenazah Dante dimakamkan selama 10 hari.

Anak Tamara Tyasmara Dipastikan Meninggal Dunia karena Tenggelam (Foto: Instagram/tamaratyasmara)


"Sebab mati orang ini sesuai dengan kondisi tenggelam," ujar Farah dalam kesaksiannya di PN Jakarta Timur, Senin, 19 Agustus 2024.

"Kalau dari kami (tetap) tidak ada kekerasan (secara fisik)," tambahnya.

Pada proses ekshumasi, kata Farah, kondisi jenazah Dante sudah dalam keadaan membusuk. Kendati begitu, pihaknya tidak menemukan luka sebagai tanda kekerasan.


"Pada pemeriksaan tidak ditemukan adanya luka-luka. Yang tersisa pada jenazah maupun adanya patah pada tulang belulang, selanjutnya ditemukan organ-organ tubuh kondisi membusuk," lanjut Farah.

"Untuk penyebab kematian (karena tenggelam) karena ada air di dalam tubuhnya. Paru-paru, jantung kami tidak diperiksa. Kami ambil sampel sumsum tulang dan organ hati," imbuhnya.

Farah mengatakan, kondisi kedua organ paru jenazah Dante juga ditemukan lebih mencair dibandingkan organ lainnya.

"Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan adanya ganggang dalam sumsum tulang dan organ hati, sebab mati orang ini sesuai dengan kondisi tenggelam," tutup Farah.

Topik Menarik