Sosok Muklasin, Pedagang Pentol asal Gresik Rela Naik Motor demi Ikut Upacara di IKN

Sosok Muklasin, Pedagang Pentol asal Gresik Rela Naik Motor demi Ikut Upacara di IKN

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 15:00
share

JAKARTA, iNews.id - Kisah inspiratif di momen hari kemerdekaan ditunjukkan pedagang pentol Korea asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur bernama Muklasin. Dia berangkat naik motor dari kampung halaman menuju Kalimantan Timur untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Perjalanannya tak mudah, dia berangkat dari rumah dengan modal sebuah motor butut dan jiwa nasionalisme tinggi akan cinta terhadap tanah air. Tekadnya sudah bulat, pria asal Sumput, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik akhirnya memulai perjalanan ke IKN dengan hanya membawa uang saku Rp 2,5 juta untuk bertahan hidup sampai 17 Agustus.

Kisah Muklasin ini viral di media sosial dan diunggah akun Instagram @memomedsos. Dia ceritakan, Muklasin sudah punya niat sejak Februari lalu untuk ikut upacara di IKN.

"Saya sudah bawa baju seragam SD untuk upacara di IKN. Kalau tidak boleh masuk IKN, ikut upacara dekat sana juga tidak apa-apa," ujarnya dikutip, Sabtu (17/8/2024).

Muklasin menempuh perjalanan darat dan laut untuk sampai ke Kalimantan. Dia bersemangat dan harapannya terbayar lunas dengan bisa tiba di IKN untuk mengikuti upacara sekaligus menjadi bagian dari sejarah upacara pertama kalinya di ibu kota baru tersebut.

Ceritanya pun mendapat respons positif dari netizen. Mereka terharu dengan perjuangan Muklasin karena dorongan rasa nasionalisme.

"Ini yang harus dicontoh untuk para pejabat tinggi pemerintah. Gak perlu mobil mewah dan mahal pula," tulis @wasimun_as_23.

"Jiwa nasionalisme yang sangat tinggi, kami anak muda respect pak," tulis @amnmlnaa.

Topik Menarik