Orang Tua Sofia Sahla Anggota Paskibraka asal Sumedang Kecewa Anaknya Lepas Hijab

Orang Tua Sofia Sahla Anggota Paskibraka asal Sumedang Kecewa Anaknya Lepas Hijab

Berita Utama | inews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 00:15
share

BANDUNG, iNews.id Anggota Paskibraka asal Sumedang, Sofia Sahla mendadak melepas hijabnya saat pengukuhan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (13/8/2024) lalu. Sikap siswi SMAN 1 Situraja, Sumedang itu pun membuat kaget dan kecewa kedua orang tuanya. Sebab, selama ini Sofia tidak pernah lepas hijab.

Orang tua Sofia, Tatang Suyatna (45) mengaku kecewa terhadap panitia HUT Kemerdekaan RI ke-79 dan BPIP yang membiarkan hal itu.

"Saya tahu berita dari media sosial mengenai Sofia Sahla tidak berhijab. Ya karena biasa Sofia berhijab, kaget juga," kata Tatang di Sumedang, Kamis (15/8/2024).

Menurut Tatang, selama ini, Sofia Sahla, anaknya yang lahir pada 2008, setiap beraktivitas di luar rumah, selalu mengenakan jilbab, termasuk di sekolah.

Tatang tidak tahu pasti alasan Sofia harus melepas jilbab saat pengukuhan. "Kurang tahu saya (alasan Sofia Sahla melepas jilbab) karena Sofia tidak pernah ngobrol dengan saya, waktu pas lihat kecewa juga karena sudah biasa berjilbab," ujarnya.

Keluarga berharap Sofia tetap bisa melaksanakan tugas sebagai Paskibraka Nasional dengan baik dan kembali memakai jilbab pada 17 Agustus di hari ulang tahun kemerdekaan. "Kami berharap tanggal 17 (saat upaya HUT Kemerdekaan RI ke-79) (Sofia Sahla) kembali memakai jilbab," tutur Tatang.

Tatang mengaku bersyukur Sofia menjadi bagian dari Paskibraka nasional yang akan mengibarkan bendera pusaka di IKN tanggal 17 Agustus 2024.

"Kami percaya dengan anak kami karena didikan agama, Sofia ngaji dan sholat lima waktu. Waktu berangkat ke sana juga orang tua berpesan jangan lupa sholat," ucapnya.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sumedang Rikky Bagus menyayangkan insiden paskibraka nasional di IKN yang harus melepas jilbab saat acara pengukuhan termasuk delegasi dari Sumedang Sofia Sahla. Ia mengetahui Sofia Sahla sejak sosialisasi kegiatan Paskibraka mengenakan jilbab.

"Saya bertemu Sofia pas sosialisasi sudah mengenakan hijab, seleksi menggunakan hijab dan pas berangkat menggunakan hijab," kata Rikky.

Rikky berharap klarifikasi dari penyelenggara pusat khususnya BPIP sebab cenderung paskibraka putri semuanya tidak mengenakan hijab. Padahal, ia menyebutkan keseharian Sofia memakai jilbab.

Topik Menarik