Dokter Prancis Kisahkan Pengalaman Tangani Pasien di RS Gaza: Ini Genosida!

Dokter Prancis Kisahkan Pengalaman Tangani Pasien di RS Gaza: Ini Genosida!

Berita Utama | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 04:00
share

PARIS, iNews.id - Pascal Andre, dokter asal Prancis yang pernah bertugas di Jalur Gaza, Palestina, mengungkapkan keterkejutannya dengan kondisi para korban perang. Dia bertugas di Rumah Sakit Eropa Khan Yunis di Gaza Selatan pada 8 sampai 22 Februari 2024.

Dia menyimpulkan, semua dokter yang bertugas di Gaza menjadi saksi apa yang dilakukan pasukan Israel terhadap warga Gaza merupakan praktik genosida.

Dokter gawat darurat itu menceritakan, dua rekannya sesama dokter asal Prancis yang pernah bertuga di daerah konflik lain mengaku tak pernah melihat luka seperti dialami warga Gaza.

"(Rekan-rekan saya) Belum pernah melihat di zona perang mana pun, begitu banyak warga sipil menjadi sasaran, di mana tidak ada jalan untuk lari," kata Andre, kepada Anadolu, dikutip Senin (12/8/2024).

Dia pun memuji para dokter dan petugas medis di Gaza yang masih terus bekerja meski di tengah risiko sangat tinggi. Rumah sakit tak luput dari serangan tentara Zionis, bahkan menghancurkan dan membunuh pasien dan petugas medis di dalamnya.

"Pasti ada orang-orang di sana yang memiliki keberanian luar biasa," tuturnya.

Andre juga menyaksikan sendiri tentara Israel menyerang masjid, kampus, sekolah, petugas perawatan, serta tempat-tempat suci dan bersejarah.

Topik Menarik