Putri-putri Putin Tampil di Forum Ekonomi, Akankah Salah Satu dari Mereka Jadi Penerus Ayahnya?

Putri-putri Putin Tampil di Forum Ekonomi, Akankah Salah Satu dari Mereka Jadi Penerus Ayahnya?

Berita Utama | sindonews | Minggu, 9 Juni 2024 - 01:45
share

Putri-putri Presiden Rusia Vladimir Putin jarang tampil di depan umum, namun minggu ini mereka mengambil bagian dalam panel di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg. Hal langka itu bisa menjadi sinyal persiapan suksesi di Kremlin.

Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova, diyakini berusia pertengahan hingga akhir 30-an, adalah putri Putin dari pernikahannya dengan mantan istrinya Lyudmila, yang diceraikannya pada tahun 2013 setelah hampir 30 tahun menikah. Baik Vorontsova dan Tikhonova diprediksi akan menjadi pemimpin Rusia di masa datang menggantikan Putin.

Putin mengatakan putrinya bekerja di bidang sains dan pendidikan dan dia memiliki cucu, namun dia tidak pernah mengonfirmasi nama mereka.

Keduanya pernah menghadiri forum tahunan St. Petersburg di masa lalu, namun hanya putri bungsunya, Tikhonova, yang menjadi pembicara, menurut outlet independen Rusia Novaya Gazeta Europe.

Tikhonova, yang merupakan seorang eksekutif teknologi, membuat penampilan video pada hari Kamis di sebuah forum tentang memastikan kedaulatan teknologi dari kompleks industri militer. Dia tercantum dalam daftar pembicara forum sebagai direktur umum National Intellectual Development Foundation (NIDF).

Panel tersebut dimoderatori oleh pembawa acara televisi dan propagandis Putin terkemuka, Vladimir Soloviev.

Tikhonova diberi sanksi oleh AS dan Inggris pada April 2022, setelah invasi Rusia ke Ukraina, atas karyanya mendukung kementerian pertahanan Rusia. Dalam sambutannya di forum tersebut, beliau berbicara tentang inovasi dan penghapusan impor teknologi yang berkaitan dengan bidang sipil dan militer.

Melansir CNN, putri sulungnya, Maria Vorontsova, yang juga terkena sanksi, berbicara langsung di sebuah panel pada hari Jumat tentang inovasi dalam bioteknologi dan bioproduksi. Vorontsova, seorang ahli endokrinologi, terdaftar sebagai anggota Asosiasi Rusia untuk Promosi Sains.

Para analis yakin sebagian kekayaan Putin mungkin disembunyikan di rekening bank anggota keluarganya.

Yayasan antikorupsi mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny mengatakan pada Januari tahun ini bahwa menurut penyelidikan mereka, Vorontsova menghasilkan lebih dari USD10 juta antara tahun 2019 dan 2022 sebagai karyawan sebuah perusahaan medis. CNN tidak dapat memverifikasi klaim ini secara independen.

Putin sangat tertutup mengenai putri-putrinya dan kehidupan keluarganya, dan beberapa analis percaya bahwa hal itu terjadi karena dia ingin tampil kuat dan tidak menunjukkan kerentanan yang dapat dieksploitasi.

Presiden Rusia sebelumnya mengatakan bahwa putrinya tidak terlibat dalam politik dan menjalani kehidupan biasa. Tikhonova dikabarkan pernah mencoba mengejar karir di bidang akrobatik rock and roll.

Vorontsova dilaporkan menikah dengan seorang pengusaha Belanda dan pasangan tersebut dikatakan tinggal di sebuah apartemen senilai USD3,3 juta di Belanda. Sebuah vila delapan kamar tidur bernilai jutaan dolar di Biarritz, Prancis telah dikaitkan dengan Tikhonova. Itu dibeli oleh mantan suaminya, Kirill Shamalov.

Kremlin selalu membantah rumor bahwa Putin memiliki lebih banyak anak di luar pernikahannya sebelumnya yang semuanya tampaknya tinggal di negara-negara Barat.

Topik Menarik