Ginting Cs Melempem di Indonesia Open 2024 karena Simpan Tenaga Jelang Olimpiade? PBSI Bilang Begini

Ginting Cs Melempem di Indonesia Open 2024 karena Simpan Tenaga Jelang Olimpiade? PBSI Bilang Begini

Berita Utama | inews | Minggu, 9 Juni 2024 - 01:15
share

JAKARTA, iNews.id Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menyebut para olimpian Tanah Air menyimpan tenaga sehingga tampil kurang maksimal di Indonesia Open 2024. PBSI membantah ungkapan tersebut.

Enam wakil Indonesia yang mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024 meraih hasil buruk di Indonesia Open 2024. Empat dari mereka tersingkir di babak 32 Besar, sementara sisanya masing-masing gugur di babak 16 Besar dan perempat final.

Setelah menyaksikan pertandingan turnamen Super 1000 itu langsung di Istora Senayan, pada Jumat, 7 Juni 2024 lalu, Menpora Dito memberikan komentarnya terkait hal tersebut. Kata dia, para jagoan-jagoan bulu tangkis yang lolos ke Paris 2024 mungkin menyimpan kekuatan mereka di Indonesia Open 2024 dan baru akan mengeluarkannya dengan maksimal di Olimpiade nanti yang dihelat pada akhir Juli mendatang.

Kita anggap saja permainan di Indonesia Open sebagai pemanasan ke Olimpiade. Dan ya kalau saya sih ada pemikiran jangan-jangan ini mereka mau ngumpetin jurus saktinya buat di Olimpiade nanti biar para lawannya pada kaget dan bingung, kata Dito.

Akan tetapi, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagja, menegaskan ucapan tersebut sama sekali tidak benar. Sebab, para olimpian yang lolos ke Paris 2024 ditargetkan bisa juara Indonesia Open 2024 sebagai bagian dari persiapan mereka sebelum mentas di pesta olahraga terakbar di dunia itu.

Pastinya tidak seperti itu karena ini Super 1000. Dari persiapan sebagai tuan rumah dan level turnamen ini level mereka, seharusnya bisa raih gelar, ucap Ricky dalam konferensi pers di Istora Senayan, Minggu (9/6/2024).

Jadi tidak seperti itu (simpan tenaga). Target di Indonesia Open kami berharap bisa tampil lebih baik dan raih gelar. Itu yang utamanya, tambahnya.

Indonesia memiliki enam wakil dari cabang olahraga bulu tangkis yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Namun, empat dari enam wakil tersebut sudah gugur di babak 32 besar Indonesia Open 2024 pekan ini, yang merupakan turnamen terakbar sebelum Olimpiade Paris 2024 dimulai pada akhir Juli mendatang, yakni Jonatan, Ginting, Fajar/Rian dan Rinov/Pitha. Kemudian, Apriyani/Fadia angkat koper di babak 16 besar.

Para Olimpian Indonesia dipastikan habis di babak perempat final. Sebab, Gregoria kalah dari unggulan enam, Wang Zhi Yi, asal China, dengan skor 8-21 dan 18-21.

PBSI pun mengungkapkan bakal segera melakukan evaluasi kepada mereka setelah gagal total di Indonesia Open 2024. Rencananya mereka akan melakukan simulasi pertandingan Olimpiade di Pelatnas PBSI pada bulan ini dan kemudian melakukan pemusatan latihan di Chambly, Prancis, pada Juli mendatang sebelum dimulainya Paris 2024.

Topik Menarik