HUT ke-87 Kota Metro Lampung, Namanya dari Belanda Dulunya Setingkat Kecamatan

HUT ke-87 Kota Metro Lampung, Namanya dari Belanda Dulunya Setingkat Kecamatan

Berita Utama | okezone | Minggu, 9 Juni 2024 - 06:05
share

JAKARTA - Kota Metro merupakan salah satu kota di Provinsi Lampung. Daerah ini menjadi wilayah terbesar kedua di provinsi ini.

Metro berjarak sekitar 52 kilometer dari Bandarlampung. Kota ini resmi berdiri pada 9 Juni 1937. Saat ini Metro sudah berusia 85 tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, dasar hukum berdirinya Kota Metro ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Metro.

Kota Metro lahir dari dibangunnya Induk Desa Baru bernama Trimurjo. Induk desa baru itu dibangun berbarengan dengan kolonisasi.

Dikutip dari iNews, Trimurjo sendiri merupakan bagian dari Onder Distrik Gunungsugih. Kawasan ini adalah daerah yang terisolasi tanpa banyak pengaruh dari penduduk lokal Lampung.

Pada awal tahun 1936, Pemerintah kolonial Belanda mengirimkan penduduk dari Pulau Jawa (kolonis) ke wilayah ini. Pengiriman penduduk ini disebut transmigrasi.

Dengan pengiriman ini, diharapkan bisa mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa dan mengurangi kegiatan para aktivis kemerdekaan.

Setahun kemudian, atau pada 9 Juni 1937, nama Trimurjo berganti menjadi Metro. Asal nama Kota Metro. Lalu dari mana asal kata Metro. Ada beberapa versi terkait perubahan nama ini.

Versi pertama, nama Metro berasal dari kata Meterm dalam Bahasa Belanda yang artinya pusat. Nama ini diambil karena Metro berada di pusat atau tengah-tengah antara Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur, bahkan di tengah (center) Provinsi Lampung.

Topik Menarik